MES Tiongkok Jajaki Peluang Kerja sama Ekspor Produk Halal Bersama PPI

MES Tiongkok Jajaki Peluang Kerja sama Ekspor Produk Halal Bersama PPI

Kolaborasi dan sinergi antar seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistem ekspor UMKM dan produk halal terus digalakkan untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia pada 2024. Merespon hal tersebut, baru-baru ini MES Tiongkok berinisiatif melakukan silaturrahim dan audiensi dengan PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) pada Senin, 10 Januari 2022 bertempat di kantor PPI, Jakarta Pusat.

Audiensi tersebut dalam rangka menjajaki peluang kerja sama ekspor produk-produk halal potensial Indonesia yang dibutuhkan oleh Tiongkok. Dalam kunjungan tersebut, Ketua Umum MES Tiongkok, Budy Sugandi berserta rombongan diterima langsung oleh Direktur Operasional PT. PPI, Tri Wahyundo.

Budy Sugandi dalam keterangan terpisah menjelaskan bahwa audiensi yang mereka lakukan disambut positif oleh pihak PT. PPI, terlebih dengan semangat generasi muda yang ditunjukan oleh MES Tiongkok dalam pergerakan dan inisiasi program kerja sama ekonomi. Oleh karena itu Budy mengatakan dalam waktu dekat akan dilakukan kembali pertemuan lanjutan untuk merealisasikan program-program yang berkaitan dengan ekspor produk halal dalam negeri ke Tiongkok.

Berita terkait  MES Maluku Fasilitasi Pengajuan Sertifikasi Halal Bagi UMK di Ambon

Budy menambahkan, dalam audiensi tersebut dibahas beberapa komoditas dalam negeri yang memiliki pontensi untuk diekspor yaitu kopi, sawit, dan sejumlah makan jadi seperti kripik-kripik hasil laut.

Sebagai tindak lanjut dari audiensi tersebut, Budy menuturkan bahwa pihaknya akan segera menganalisa terkait aspek produksi dan distribusi dari komoditas-komoditas yang potensial dan melakukan pemetaan mengenai jalur distribusi apabila semua komoditas potensial di dalam negeri telah siap diekspor ke Tiongkok.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *