Gubernur Aceh Berkomitmen Perkuat Ekonomi Syariah di Aceh Bersama MES

Gubernur Aceh Berkomitmen Perkuat Ekonomi Syariah di Aceh Bersama MES

Pengurus Wilayah MES Aceh melakukan audiensi dengan Pemerintah Provinsi Aceh pada Kamis, 6 Januari 2021 bertempat di Pendopo Gubernur, Kota Banda Aceh. Ketua Umum MES Aceh, Aminullah Usman berserta rombongan diterima langsung oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah didampingi Kadis Syariat Islam Provinsi Aceh, EMK Alidar dan sejumlah pejabat Pemprov Aceh lainnya.

Audiensi ini merupakan sarana silaturrahim untuk memperkenalkan jajaran kepengurusan MES Aceh yang resmi terbentuk pasca Muswil kepada Gubernur, sekaligus membahas beberapa program kerja strategis yang selaras dengan Qonun Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

Dalam kesempatan tersebut, Nova Iriansyah, menyatakan komitmennya untuk memperkuat skema ekonomi syariah di Aceh. Komitmen tersebut dapat dilihat dari penerbitan Qanun nomor 11 tahun 2018 tentang LKS. Menurut Nova, meskipun seluruh lembaga perbankan konvensional sudah bermigrasi ke syariah, namun ada beberapa lembaga dan koperasi dalam skala lebih kecil yang masih berjalan secara konvensional.

Berita terkait  MES Purwakarta Siap Jadi Akselerator Pasar Modal Syariah Daerah

Oleh sebab itu, dirinya berharap MES Aceh dapat ikut berperan bersama Pemprov dalam memperkuat implementasi Qonun LKS melalui program kerja yang nyata. Sehingga seluruh lembaga keuangan konvensional dapat bertransformasi secara utuh menjadi syariah.

Lebih lanjut Nova mengatakan bahwa hadirnya Qanun yang mengatur larangan adanya rentenir di Aceh juga penting untuk segera diterbitkan. Qonun tersebut sebagai partner dari Qonun LKS 2018 yang akan membantu penegak hukum dalam menertibkan rentenir.

Sementara itu, Aminullah Usman yang juga merupakan Walikota Banda Aceh, mengapreasiasi Gubernur Aceh yang telah menginisiasi lahirnya Qanun Aceh No 11 Tahun 2018 tentang LKS. Pihaknya menilai implementasi dari Qanun Aceh tentang LKS ini merupakan terobosan penting dalam membangun ekonomi syariah di Aceh.

Berita terkait  Adakan Pembekalan Lanjutan, MES Pakistan Siap Jadi Center of Excellent

Aminullah menegaskan bahwa perbankan dan lembaga keuangan lainnya dapat terus diperkuat untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan perekonomian masyarakat agar tidak lagi memilih jalur rentenir. Selain itu, dirinya menegaskan bahwa MES Aceh akan terus bekerja menjalankan program-program organisasi untuk memastikan pelaksanaan syariat Islam, khususnya di sektor ekonomi berjalan maksimal.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *