Ketua Dewan Pakar MES Ungkap Strategi “MES TOP” Wujudkan Ekosistem Global Halal Hub di Indonesia

Ketua Dewan Pakar MES Ungkap Strategi “MES TOP” Wujudkan Ekosistem Global Halal Hub di Indonesia

Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin telah meresmikan Ekosistem Global Halal Hub sebagai gerakan nasional sinergitas menuju Indonesia sebagai Pusat Produsen Halal Dunia pada tahun 2024. Global Halal Hub menjadi salah satu langkah untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, serta mendorong produk halal Indonesia ke pasar global melalui empat strategi dan sinergi yaitu peningkatan kapasitas SDM kompetensi e-commerce, peningkatan kualitas produk dan kemasan, marketplace global, dan offline networking kepada pelaku usaha.

Sejalan dengan hal tersebut, Dewan Pakar MES kembali menyelenggarakan Muhadatsah Dewan Pakar MES Edisi kedelapan dengan tema Strategi Penguatan Ekosistem Global Halal Hub dalam Mengakselerasi Ekspor Produk Halal Indonesia pada Sabtu, 12 Maret 2022 secara virtual.

Ketua Dewan Pakar MES, Perry Warjiyo dalam sambutan pembukaan acara tersebut mengungkap sejumlah strategi yang perlu dilakukan untuk mendorong pengembangan ekosistem halal hub di Indonesia. Perry merangkumnya menjadi enam poin penting dengan istilah MES TOP (Marketing, Ecosystem, Synergy, Targeted, Official dan Promotion).

Berita terkait  MES dan KBRI Kairo Perkuat Komitmen Kerja Sama Ekspor Produk Halal ke Mesir

Menurut perry, marketing sebagai salah satu bagian dari strategi yang diperlukan untuk menembus pasar global, serta memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen di berbagai tujuan negara ekspor Indonesia.

Selanjutnya, strategi yang harus diperhatikan adalah ekosistem end-to-end. Setiap pihak harus menyiapkan produk unggulan, mulai dari UMKM, pesantren, serta berbagai industri yang ada di Indonesia.

Setelah menyiapkan ekosistem, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membangun sinergitas bersama dengan berbagai pihak. Koordinasi dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan sangat dibutuhkan untuk mendukung langkah selanjutnya.

Langkah keempat yang perlu disiapkan adalah target, dimana Indonesia harus memiliki produk-produk unggulan halal yang ingin dikembangkan. Beberapa yang disebut telah menempati posisi atas adalah produk fesyen dan makanan.

Berita terkait  Perkuat Ekosistem Halal, Program Korporatisasi Petani Resmi Diluncurkan

Dukungan dari official atau pihak yang berwenang disebut menjadi langkah berikutnya yang memiliki peran penting dalam mendukung strategi mengembangkan global halal hub.

Terakhir, yang tak kalah penting untuk mengembangkan global halal hub yaitu adanya promosi yang dilakukan pada produk halal dalam negeri. Tak hanya dilakukan di pasar domestik, promosi juga harus dilakukan hingga ke pasar global. Saat ini, Perry menyebut promosi sedang dilakukan di Dubai, dan selanjutnya akan dikembangkan di negara-negara potensial lainnya.

Forum Muhadatsah Dewan Pakar MES kali ini menghadirkan dua narasumber yaitu Direktur Eksekutif Global Halal Hub, Amalia Prabowo dan Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan, Miftah Farid, serta penanggap utama yaitu anggota Dewan Pakar MES Aman Suparman dan dipandu oleh Lukmanul Hakim selaku moderator.  

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis
Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *