Tekan Angka Kemiskinan, MES Banyumas Selenggarakan Workshop Pemberdayaan Perempuan

Tekan Angka Kemiskinan, MES Banyumas Selenggarakan Workshop Pemberdayaan Perempuan

Pengurus Daerah MES Banyumas bekerja sama dengan PT Sidomuncul didukung kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata dari UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan workshop dengan tema “Pemberdayaan Perempuan sebagai Penggerak Ekonomi Keluarga” pada Sabtu, 29 Juli 2023 di Desa Kutasari.

Dalam workshop ini dilakukan penyuluhan tentang penanaman tumbuhan Simplisia di Desa Kutasari dan dihadiri puluhan peserta dari kalangan penyuluh pertanian, tokoh masyarakat, komunitas wanita tani, dan perwakilan anggota Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Departemen Sosialisasi, Edukasi, dan Advokasi MES Banyumas, Apik Anitasari Intan Saputri mengungkapkan bahwa agenda ini terealisasi berkat dukungan dari PT Sidomuncul yang memiliki komitmen untuk memberdayakan perempuan agar dapat berperan dalam segala aktivitas kemasyarakatan. Lebih lanjut, Anitasari menjelaskan, workshop ini menekankan pentingnya peran perempuan sebagai penggerak ekonomi keluarga.

Berita terkait  Bank Indonesia, UIN STS Jambi, MES dan OJK Kerjasama Salurkan Bantuan ke Masyarakat

Anitasari mengungkapkan, persentase kemiskinan di Kabupaten Banyumas mencapai 13,26%. Salah satu yang memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat kemiskinan tersebut adalah kalangan perempuan. Di sisi lain, dirinya menjelaskan, International Finance Corporation (IFC) World Bank Group menyebutkan bahwa 34% usaha menengah dan 51 % usaha kecil dimiliki oleh perempuan, namun akses ke institusi komersial seperti perbankan bagi kalangan perempuan masih cukup sulit.

Oleh karena itu, Anitasari menegaskan bahwa program yang dijalankan ini memiliki urgensi penting dan bertujuan untuk terus mendorong pemberdayaan ekonomi bagi perempuan. Ke depannya, MES Banyumas berkomitmen untuk senantiasa mendukung sekaligus merealisasikan program pemberdayaan perempuan sebagai wujud mengurangi tingkat kemiskinan di Banyumas.

Berita terkait  SILAKNAS MES Dorong Penguatan Ekonomi Umat Melalui Sinergi dan Optimalisasi Potensi Organisasi

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
1 Comment
Sulhan Darojat

Maju dan terus berkembang, MES meraih kesejahteraan ummat dengan mengedepankan nilai-nilai Islam untuk kemajuan dan kemuliaan dunia akhirat

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *