Pemkab Tasikmalaya Komitmen Dorong Peningkatan Sertifikasi Halal

Pemkab Tasikmalaya Komitmen Dorong Peningkatan Sertifikasi Halal

Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) MES bersama dengan Pengurus Daerah MES Tasikmalaya menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku UMKM lokal pada Kamis, 27 Juli 2023 bertempat di Bale Priangan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya. Turut hadir dalam kesempatan tersebut yaitu, Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin, Deputi Kepala KPw. Bank Indonesia Tasikmalaya, Gatot Kurniawan, Ketua I MES Jawa Barat, Asep Dian Suryaman serta pejabat daerah setempat.

Program ini didukung oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia, PT ID Food, PT Permodalan Nasional Madani, serta PT Asuransi ASEI dengan peserta mencapai 51 orang dari kalangan pelaku UMKM dan perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Berita terkait  Bupati Lombok Utara Komitmen Kembangkan Program Ekonomi Berbasis Masjid

Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin menegaskan bahwa sertifikasi halal dapat berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat sehingga harus diperhatikan bersama. Oleh karena itu, Cecep berkomitmen akan membantu dan mengakselerasi seluruh proses pengajuan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Tasikmalaya.

Sementara itu, Ketua Umum MES Tasikmalaya, Kartawan menyatakan, program pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pelaku usaha di Tasikmalaya. Program ini, menurutnya selaras dengan program pemerintah Tasikmalaya yang tengah fokus dalam mengurangi angka kemiskinan pada tahun ini melalui peran UMKM.

Lebih lanjut, Kartawan mengungkapkan, program ini juga menjadi salah satu ikhtiar MES untuk berperan aktif di masyarakat, terutama dengan memberikan pemahaman mengenai implementasi konkret dari nilai ekonomi syariah, bukan sebatas perihal teori tanpa praktek yang nyata. Pihaknya kemudian berkomitmen untuk terus melanjutkan program pendampingan terhadap pelaku UMKM sebagai sarana untuk menguatkan perekonomian daerah.

Berita terkait  Stabilitas atau Pertumbuhan?

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis dan Asyila Muthiah Syamsuri

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *