Pasca Dilantik TOT Da’i Ekonomi Syariah jadi Program Unggulan MES Jabar

Bandung – Kamis (31/10) dilangsungkan pelantikan Pengurus Wilayah MES Jawa Barat periode 1441 – 1444 H oleh Ketua III Pengurus Pusat MES Muhammad Syakir Sula. Pelantikan berlangsung di Gedung Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat yang dihadiri oleh perwakilan OJK, BI, dan beberapa Rektor serta Tokoh-tokoh dari Jawa Barat.  

Provinsi Jawa Barat sendiri menduduki market share ekonomi syariah terbesar di Indonesia yang saat ini mencapai 8,7 persen, dengan dilantiknya kurang lebih sebanyak 150 Pengurus wilayah MES Jawa Barat yang diwakili oleh Badan Pengurus Harian dan ketua bidang, diharapkan kesadaran itu dapat ditingkatkan lagi. Sehingga MES Jawa Barat bisa lebih berperan dalam penguatan ekonomi Syariah, baik dalam implementasi, sosialisasi dan edukasi.

Ketua Umum PW MES Jawa Barat, Zaenal Arifin menyampaikan  dalam sambutannya, MES Jawa Barat diharapkan dapat menjadikan MES organisasi terdepan dalam arus baru ekonomi syariah. “sesuai visi misi MES pusat secara keseluruhan, MES Jawa Barat harus bisa menjadi organisasi terdepan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah”. Lebih lanjut Arifin mengatakan nantinya program kerja akan dimatangkan lebih lanjut dalam rapat kerja wilayah (RaKerWil) yang direncakan diadakan setelah pertemuan SILAKNAS MES 2019 “Rakerwil MES Jawa Barat, insyaaAllah akan kami lakukan setelah acara SILAKNAS MES 2019, sekaligus untuk mendapatkan arahan dari MES Pusat terkait program kerja selama tiga tahun kedepan” ujarnya.

Program kerja PW MES Jawa Barat memberikan penekanan pada program sosialisasi dan edukasi baik praktisi ekonomi syariah maupun masyarakat dan para Da’i. Adapun PW MES Jawa Barat akan selenggarakan TOT Da’I ekonomi syariah yang dilangsungkan pada 21 November mendatang. Sekretaris Umum PW MES Jawa Barat, Harry Maksum mengatakan TOT Da’I ekonomi syariah merupakan program unggulan. “membumikan ekonomi syariah melalui para Da’i merupakan langkah penting, sebab para Da’i lah yang setiap hari berurusan dengan umat Islam, sehingga literasi tidak hanya dilakukan kepada praktisi dan akademisi melainkan para Da’i, yang diharapkan peningkatan ekonomi dan keuangan syariah akan menjadi lebih massif” ungkapnya. Adapun TOT Da’i ekonomi syariah dapat dilaksanakan se- Jawa Barat.

Program lainnya dari PW MES Jawa Barat salah satunya menghimpun dana abadi untuk kegiatan MES melalui wakaf tunai uang bekerja sama dengan pengembang aplikasi Sahabat Wakaf untuk menghimpun dana tersebut. Sekretaris Umum PW MES Jawa Barat mengatakan nantinya bagi hasil dari dana tersebut akan digunakan untuk membantu masyarakat terbebas dari jeratan renternir. “Dengan adanya dana abadi yang diwakafkan, kami akan membantu masyarakat terbebas dari jeratan rentenir serta memperkuat program pemerintah melalui Masyarakat Ekonomi Sejahtera (MESRA). Yang nantinya wakaf ini akan dibuka untuk umum sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam program pemberdayaan ekonomi umat, sehingga kehadiran MES dapat terasa di masyarakat” pungkas Harry Maksum.

MES Jawa Barat diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah sehingga MES Jawa Barat dapat menjadi juara lahir batin sesuai degan Visi Provinsi Jawa Barat itu sendiri. Serta dalam tiga tahun ini PW MES Jawa Barat menargetkan pendirian kepengurusan MES di seluruh Kabupaten / Kota di Jawa Barat.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.