Musyawarah Wilayah MES Banten Tekankan Pentingnya Kolaborasi dan Sinergi Berbagai Pihak

Musyawarah Wilayah MES Banten Tekankan Pentingnya Kolaborasi dan Sinergi Berbagai Pihak

Dalam rangka menentukan kepemimpinan periode selanjutnya, Pengurus Wilayah MES Banten menggelar Musyawarah Wilayah pada Senin (18/03) yang diselenggarakan di Sapphire Meeting Room Hotel Royal, Krakatau, Cilegon, dengan tujuan untuk menyepakati dan menetapkan agenda serta strategi kedepan dalam mengemban tanggungjawab kepemimpinan yang baru. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari pengurus daerah, ormas-ormas Islam, praktisi ekonomi syariah, pelaku UMKM, tokoh masyarakat dan pengurus demisioner. Hadir juga sebagai undangan pada kegiatan tersebut adalah Tokoh Penggerak Ekonomi Syariah Banten, Embay Mulya Syarief, Deputi KaKPW BI Banten, Hario Kartiko Pamungkas, Sekretaris Eksekutif KDESK Banten, Anang Rahmatullah, dan Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia, Muhammad Fadli Fatahuddin. 

Musyawarah Wilayah MES Banten ke-4 tersebut menetapkan kembali Agus Nizar Vidiansyah sebagai Ketua Umum dan Efi Syarifudin sebagai Sekretaris Umum MES Wilayah Banten Periode 2024-2027.

Dewan Penasehat MES Banten, Embay Mulya Syarief memberikan pandangan tentang pentingnya keterlibatan semua unsur penggerak dalam kepengurusan  MES Banten. 

Berita terkait  Economic Outlook MES DIY Bahas Pengembangan Industri Halal

“Sinergi dan kolaborasi antar entitas pegiat ekonomi syariah dapat saling melengkapi dan menguatkan,” ucapnya.

Mantan Ketua Kadin Kabupaten Serang tersebut mengingatkan kepada seluruh pelaku ekonomi syariah untuk menyeimbangkan aspek komersial dan sosial dalam kegiatannya, serta selalu dekat dengan umat sebagai stakeholder utamanya.

Sementara itu, Ketua Umum MES Banten, Agus Nizar Vidiansyah, dalam sambutannya berharap kepengurusan MES Wilayah Banten senantiasa solid dan konsisten melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mampu meningkatkan literasi ekonomi syariah di masyarakat.

Upaya tersebut dilakukan dalam beberapa strategi, di antaranya melibatkan jejaring komunitas pegiat ekonomi syariah di Kepengurusan MES Banten untuk menguatkan kolaborasi dan sinergitas program dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS), Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI), dan kelembagaan lain.

Berita terkait  Ketua IV Pengurus Pusat MES Terpilih Jadi Anggota Dewan Komisioner OJK

Sekretaris Umum MES Banten, Efi Syarifudin, mengatakan bahwa Ketua Umum terpilih meminta waktu khusus agar setiap bulan ada program rutin yang teragendakan oleh MES Banten dan tersebar pelaksanaannya di jejaring komunitas pegiat ekonomi syariah.

“Demisioner Pengurus Wilayah juga diminta menyebar untuk percepatan pembentukan MES di 4 kabupaten dan 4 kota,” jelasnya dari upaya penyebaran dan pembentukan MES di 4 kabupaten dan 4 kota tersebut, akan disepakati program MES se-Banten berkolaborasi dengan berbagai komunitas untuk memperluas kontribusi ekonomi syariah.

Lebih lanjut, Bank Indonesia dan KDEKS Banten turut memaparkan kondisi dan potensi ekonomi syariah di Banten serta program-program strategis yang ditetapkan untuk pengembangannya. Kedua lembaga tersebut juga komitmen bakal berkolaborasi dengan MES Banten untuk meningkatkan literasi ekonomi syariah di masyarakat.

Penulis: Muhammad Lutfi N.S. | Editor: Herry Aslam Wahid

Sumber foto: Dokumentasi MES Banten

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *