MES Kota Palangka Raya Evaluasi dan Usulkan Strategi Pengembangan Ekonomi Syariah

MES Kota Palangka Raya Evaluasi dan Usulkan Strategi Pengembangan Ekonomi Syariah

Memasuki tahun kedua periode kepengurusan 2022-2025 M, Pengurus Daerah MES Kota Palangka Raya selenggarakan Rapat Kerja (Raker) Tahun 2024 pada Jumat (08/03) di Rumah Jabatan Walikota Palangka Raya. Kegiatan ini menghasilkan serangkaian evaluasi dan rekomendasi bagi kepengurusan MES Kota Palangka Raya yang menyoroti beragam aspek kegiatan organisasi serta strategi pengembangan yang akan menjadi landasan untuk penyempurnaan dan peningkatan kinerja kedepannya.

Sekretaris Umum MES Kota Palangka Raya, Taufik Hidayat, menguraikan salah satu permasalahan krusial yang dihadapi adalah rendahnya tingkat pemahaman anggota terhadap prinsip-prinsip syariah, yang secara signifikan menghambat kemampuan organisasi dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang selaras dengan prinsip-prinsip tersebut.

“Selain itu, masalah lain adalah masih belum adanya preseden syariah yang dijadikan acuan untuk mengambil keputusan di masa depan,” terangnya.

Taufik mengungkapkan, ekosistem perekonomian syariah di Palangka Raya yang belum terbentuk secara sempurna tidak hanya berpengaruh pada rendahnya pemahaman SDM terhadap ekonomi syariah, namun juga berdampak pada rendahnya dukungan untuk industri halal.

Berita terkait  Gubernur Sumbar Komitmen Kembangkan Ekonomi Syariah di Tanah Minangkabau

“Jadi, antar bidang atau sektor harus saling berkolaborasi. Tidak harus dilakukan dalam jumlah yang banyak, namun kolaborasi yang tepat dan relevan akan memberikan dampak yang signifikan,” tuturnya menjelaskan strategi penyelesaian masalah tersebut.

Sementara itu, selesai gelaran Rapat Kerja Tahun 2024, acara dilanjutkan dengan Silaturahmi dan Buka Bersama Pengurus Daerah MES Palangka Raya pada Jumat (15/03). Bertempat di lokasi yang sama dengan acara Raker, Silaturahmi dan Buka Bersama ini dihadiri oleh dewan pakar yang memberikan paparan mengenai strategi dan arah gerak ke depan.

Melalui gelaran dua kegiatan tersebut, Taufik berharap perekonomian syariah Kota Palangka Raya dapat berjalan sesuai tujuan syariah dan masyarakat Kota Palangka Raya memahami dan mengenal lebih dekat dengan Masyarakat Ekonomi Syariah.

Berita terkait  Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Di Wilayah Lokal, Pertamina Patra Niaga Adakan Sosialisasi Pemberdayaan Ekonomi

Penulis: Muhammad Lutfi N.S. | Editor: Herry Aslam Wahid

Sumber foto: Dokumentasi MES Palangka Raya

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *