Optimisme MES Kalteng Tingkatkan Literasi Ekonomi Syariah

Palangka Raya –  Senin (29/4) telah terselenggara Seminar Nasional Ekonomi Syariah dengan tema “Meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan dan Ekonomi Syariah Guna Mendukung Kalimantan Tengah Berkah” yang bertempat di Aula Bappedalitbang. Jl. Diponogoro,  Palangkaraya. Seminar Nasional berhasil diselenggarakan berkat kerja sama Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalimantan Tengah dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Kalteng.

Berangkat dari minimnya tingkat literasi ekonomi syariah di Kalimantan Tengah yang hanya berkisar 9 (Sembilan) persen, mendorong MES Kalteng untuk tingkatkan literasi ekonomi syariah. Hadir sebagai pemateri dari Pengurus Pusat MES M. Bagus Teguh dan Dr. Nurul Huda. Seminar Nasional ini di hadiri oleh 500 orang peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dari berbagai universitas, pelaku UMKM, masyarakat umum, dan perwakilan daerah yang terdiri dari 13 Kabupaten dan 1 (satu) Kota. MES Kalteng menargetkan tingkat literasi ekonomi syariah menjadi 20 persen kedepannya.

Seminar nasional yang diadakan merupakan satu kegiatan dari empat rangkaian kegiatan Festival Ekonomi Syariah, tiga rangkaian lainnya antara lain pelatihan koperasi dan UKM Syariah yang dihadiri 180 orang peserta, Pemilihan tokoh ekonomi syariah dan yang terakhir adalah pameran produk syariah, produk-produk UKM yang telah melewati sertifikasi. Rangakaian acara ini sekaligus menyambut dan memeriahkan ulang tahun Kalimantan tengah ungkap Ketua Umum MES Kalteng Fahrizal Fitri.

MES Kalimantan Tengah memiliki target pada tahun ini membentuk Pengurus Daerah MES di 7 (tujuh) Kabupaten dan 1 (satu) Kota, sehingga pada tahun 2021 seluruh kabupaten di Kalimantan tengah memiliki masyarakat ekonomi syariah yang akan menumbuh dan menggencarkan literasi dan edukasi ekonomi syariah “Harapan kedepannya agar MES semakin gencar melakukan sosialaisasi literasi ekonomi syariah dan berharap dukungan dari semua pihak  terutama dari OJK, BI dan pelaku industri keuangan seperti perbankan” Tutur Pengurus Wilayah MES Kalimantan Tengah Irsa. Lanjutnya Irsa menyampaikan kegiatan ini menjadi stretching awal untuk terus berupaya melakukan literasi dan inklusi masyarakat Kalimantan Tengah dengan jumlah penduduk muslim mencapai 2 (dua) juta jiwa dan berharap ekonomi syariah ini menjadi sistem ekonomi utama di Kalimantan Tengah. (DQB)

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.