OJK Luncurkan Program Simplifikasi, Kini Pembukaan Rekening Efek Dan Rekening Nasabah Bisa Online

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi membuka rekening efek dan rekening nasabah secara elektronik di Gedung Bursa Efek Indonesia pada Kamis, (28/3/2019). Sebagai upaya untuk meningkatkan inklusi jasa keuangan khususnya di bidang pasar modal.

Peresmian pembukaan rekening efek dan rekening nasabah secara elektronik sangat dibutuhkan untuk memudahkan pendaftaran calon investor sehingga mereka dapat bertransaksi di pasar modal dengan lebih mudah dan cepat.

“Ini merupakan gong dimulainya implementasi penyederhanaan pembukaan rekening efek dan rekening nasabah secara elektronik dengan mensinergikan pemanfaatan customer due diligence (CDD) pihak ketiga antara bank-bank administrator Rekening Nasabah dan Perusahaan Efek” Kata Hoesen selaku Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK dalam sambutannya.

Jika sebelumnya membuka rekening efek dan rekening nasabah bisa menghabiskan sekitar 14 hari kerja sekarang pembukaan rekening dipersingkat menjadi 2 jam, tidak perlu menunggu lama, sehingga calon investor sudah bisa membuka rekening dan bertransaksi saat itu juga.

Program penyederhanaan ini diharapkan bisa meningkatkaan sisi permintaan di pasar modal dan menumbuhkan tingkat penggunaan ataupun inklusi di bidang pasar modal, namun tetap menjaga tingkat keamanan transaksi.

Penerbitan SEOJK tersebut bertujuan agar pelaksanaan CDD dapat tetap sesuai dengan ketentuan peraturan, namun juga tetap efisien dan memudahkan aktifitas transaksi di Pasar Modal. Dengan terbitnya SEOJK ini akan memungkinkan Perusahaan Efek memberikan layanan pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah lebih cepat dan menjangkau wilayah yang luas dan tidak hanya terfokus di kota besar.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.