MES menggelar Topi Diksi spesial Ramadhan bertema “Kemudahan Berzakat dan Sedekah Saham”

Jakarta, 24 Mei 2018 – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), PT Henan Putihrai Sekuritas dan BAZNAS menggelar Topi Diksi (Tongkrong – Ngopi – Diskusi) Spesial Ramadhan edisi I dengan mengambil tema “Kemudahan Berzakat dan Sedekah Saham” di kantor pusat Masyarakat Ekonomi Syariah. Diskusi ini dimulai dari pukul 16.30 – 19.00 WIB dan dihadiri oleh beragam kalangan, mulai dari insan media, masyarakat umum, akademisi, hingga professional dalam bidang keuangan syariah.

Sebagai narasumber utama dalam diskusi tersebut adalah Wahyu dari BAZNAS, Direksi Henan Putihrai, Mohamad Yunus dan ahli syariah pasar modal, Adni Kurniawan.

“Diskusi ini kami selenggarakan sebagai salah satu upaya kami mensosialisasikan inovasi di bidang keuangan syariah, yakni zakat dan sedekah saham kepada masyarakat luas” kata Ari Permana selaku direktur eksekutif Masyarakat Ekonomi Syariah dalam mengawali sambutannya.

Dalam diskusi tersebut, Adni Kurniawan memaparkan bahwa saham termasuk jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya setelah mencapai nishab, sebagaimana firman Allah SWT, “Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.”(At-Taubah: 103). Oleh karena itu, lembaga zakat yang ada wajib memfasilitasi muzaki yang hendak menunaikan zakat atas saham miliknya.

BAZNAS bersama PT Henan Putihrai Sekuritas telah meluncurkan program “Sazadah” sejak November 2017 untuk memudahkan bagi masyarakat investor dalam menunaikan zakat atas kepemillikan sahamnya. Program ini juga dilengkapi layanan Gerai Zakat Saham yang bertempat di seluruh kantor BAZNAS berbagai provinsi dan beberapa gerai pada Mall-Mall Jabodetabek.

“Investor dari sekuritas manapun dapat mendatangi gerai zakat saham tersebut dan mengisi formulir zakat dan sedekah saham. Layanan ini juga dapat diakses secara online melalui website BAZNAS dan Henan Putihrai”, demikian disampaikan Wahyu, deputi BAZNAS

Sedekah dan zakat yang dikeluarkan oleh para pemilik saham tersebut akan disalurkan kepada mustahik yang membutuhkan melalui BAZNAS. Ini untuk membantu mustahik memperoleh penghidupan lebih baik melalui program Zakat Community Development (ZCD).

“Selama Ramadhan ini, kami bersama BAZNAS dan berbagai mitra lainnya insya Allah akan mengadakan berbagai macam aktivitas sosialisasi zakat dan sedekah saham ini di beberapa masjid dan mall, serta sosialisasi khusus ke komunitas investor. Harapan kami, sosialisasi ini dapat membuat masyarakat tergerak untuk saling berbagi melalui saham yang mereka miliki,” pungkas Yunus sambil menutup diskusi.

Topi Diksi ini selalu diadakan secara rutin oleh MES selama bulan Ramadhan, dan pada ramadhan kali ini akan ada 5 kali pertemuan. Dan Topi Diksi selanjutnya akan dilaksanakan pada hari Senin, 28 Mei 2018 dengan mengambil tema “Mengenal Wakaf Hasanah, Inovasi baru pengelolaan wakaf produktif”.

Bagi mereka yang tidak sempat untuk hadir dalam acara ini, silakan bisa di download notulensinya disini. Adapun live streamingnya juga bisa ditonton disini.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.