DUKUNGAN PEMERINTAH TERHADAP INDUSTRI WISATA SYARIAH

Demikian dikatakan oleh Iqbal Alamsjah, perwakilan dari Kemenparekraf. Menurut Iqbal, hal itu dilakukannya dalam rangka meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan muslim dari mancanegara. Sebagai contoh, tahun lalu jumlah wisatawan Malaysia mencapai angka 1,5 juta pengunjung dengan pertumbuhan 9,5 % pertahun. Tentu ini adalah angka yang menakjubkan.

Dalam mendukung upaya ini, pemerintah pusat maupun daerah sudah banyak menerbitkan regulasi yang mendukung wisata syariah. Sebagai contoh, Pemerintah telah menerbitkan UU Pengelolaan Hotel Syariah dan UU Jaminan Produk Halal.

Beberapa Pemerintahan Daerah juga sudah mengeluarkan Perda tentang Sertifikasi Halal, sebut saja Pergub Jakarta No 158 Tahun 2013 tentang Sertifikasi Halal, lalu juga ada juga Perda Jawa Barat No 13 Tahun 2015 Tentang Pengawasan Produk Halal dan beberapa Perda lainnya. Hal ini mengindikasikan bahwa pemerintahan pusat maupun daerah sejatinya sangat mendukung program wisata syariah, tinggal bagaimana masyarakat dan pelaku usaha mewujudkan program tersebut.

About the author: ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.