MES Jadi Asosiasi Ekonomi Syariah Pertama yang Sudah Tersertifikasi ISO 9001:2015 Tentang Sistem Manajemen Mutu

MES Jadi Asosiasi Ekonomi Syariah Pertama yang Sudah Tersertifikasi ISO 9001:2015 Tentang Sistem Manajemen Mutu

Masyarakat Ekonomi Syariah menjadi organisasi asosiasi ekonomi syariah pertama yang memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu dari Worldwide Quality Assurance (WQA) yang berpusat di Inggris. Penyerahan sertifikat ISO 9001:2015 ini diterima langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat MES, Erick Thohir dalam forum Silaturrahim Kerja Nasional (Silaknas) MES 2022 pada Sabtu, 8 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center.

Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir menjabarkan sejumlah pencapaian perekonomian syariah nasional yang digagas MES. Capaian itu di antaranya peluncuran Indeks IDX-MES BUMN 17 sebagai inisiatif bersama MES, BEI, dan BUMN dalam pengembangan pasar modal syariah. Selain itu MES menggelar Roadshow Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah.

“Dengan capaian penerima manfaat 18.365 orang, 64 kali, 30 kota, lima negara, dan 330 investor baru yang berhasil dicetak,” ujar Erick.

Berita terkait  Koperasi Pasantren Banten Bersatu Gelar Diskusi Nasional Bahas Penguatan Ponpes di Sektor Rill

Selain itu, MES juga berhasil mengembangkan jaringan kepengurusan hingga ke 22 negara. “Ini adalah kado yang baik untuk Milad MES yang ke-22 tahun. Kami terus melakukan pelatihan, Intermediasi, dan Business Matching untuk mendorong ekspor produk halal. Awal tahun 2022 sudah dilakukan pelepasan ekspor kopi ke Oman dan baru saja kemarin kopi ke Mesir dan rempah ke Ghana,” ujar Erick.

Selain fokus ke pasar keuangan, MES juga fokus mengembangkan industri halal. Salah satu programnya, kata Erick, adalah edukasi dan pendampingan sertifikasi produk halal serta pelatihan pendamping proses produk halal.

Penyerahan sertifikat ISO 9001:2015 ini disaksikan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo selaku Ketua Dewan Pakar Pengurus Pusat MES, Wakil Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat, Agung Firman Sampoerna, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat MES, Iggi. H Achsien, Ketua III Pengurus Pusat MES, Firdaus Djaenali, Anggota Dewan Komisioner OJK, Friderrica Widyasari Dewi selaku Ketua IV Pengurus Pusat MES, serta jajaran pengurus MES lainnya.

Berita terkait  Kendali Spiritual Pada Keuangan Sosial Syariah

Sebagai informasi sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan suatu standar bertaraf internasional untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu. Sertifikasi ini menetapkan berbagai persyaratan, pedoman, dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu Serifikasi Manajemen Kualitas. Tujuan sertifikasi ini adalah untuk menjamin produk atau jasa yang dihasilkkan suatu perusahaan/organisasi memenuhi persyaratan yang ditetapkan badan standar dunia yaitu, ISO.

Diterimanya sertifikat ISO 9001:2015 ini merupakan bentuk komitmen MES untuk menjadi organisasi yang profesional, amanah, transparan, dan akuntabel dalam menghadirkan program-program ekonomi dan keuangan syariah yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *