Pengurus Pusat MES Apresiasi Penyusunan Nadzam Ekonomi Syariah

Pengurus Pusat MES Apresiasi Penyusunan Nadzam Ekonomi Syariah

Wakil Ketua Komite Hukum dan Etika Bisnis Syariah PP MES, Mahbub Ma’afi Ramdlan melakukan kunjungan silaturrahim ke Pengurus Wilayah Khusus MES Sudan pada Sabtu, 17 September 2022 di Sudan. Mahbub diterima langsung oleh Dewan Pakar MES Sudan, Ribut Nur Huda dan Ketua Umum MES Sudan, Ida Nurjannah beserta jajaran pengurus MES Sudan lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Mahbub mengapresiasi peran para pengurus MES Sudan yang telah mengajak masyarakat diaspora Indonesia di Sudan agar dapat ikut berkontribusi mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

Mahbub Ma’afi mengatakan peran edukasi MES Sudan terutama dalam mengadakan acara konsolidasi MES lintas Timur Tengah memberikan implikasi positif untuk meningkatkan semangat mengembangkan ekonomi syariah. Selain itu penyusunan Nadzam Prinsip Ekonomi Syariah yang disusun oleh MES Sudan memiliki nilai seni sehingga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat umum dalam mengenali keunggulan ekonomi syariah. Menurutnya, khazanah fiqih klasik perlu dikontekstualisasikan secara terus menerus oleh MES Sudan dengan cara-cara kreatif.

Berita terkait  Qanun Nomor 11 Tahun 2018 Jadi Program Prioritas MES Banda Aceh

Selain itu, Mahbub Ma’afi menyampaikan pentingnya menjalin koneksi dengan para fuqaha dan pakar ekonomi syariah Sudan melalui diskusi, seminar, pelatihan atau forum-forum ilmiah.

Menurutnya, Sudan dikenal gencar menerapkan prinsip syariah, terlebih di masa transisi politik saat ini perlu ada kajian ulang terkait peran ekonomi syariah dalam pengambilan kebijakan. Hal ini perlu menjadi salah satu atensi MES Sudan sebagai mitra masyarakat Sudan.

Lebih lanjut, Mahbub menjelaskan dalam hal memperkuat kemandirian ekonomi, MES Sudan perlu memanfaatkan sumber daya manusia diaspora Indonesia di Sudan dan mengembangkan semangat ta’awun (kolaborasi) bersama mereka salah satunya dengan mendirikan Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai tahap awal dalam menguatkan sinergi.

Berita terkait  MES Se-Wilayah Indonesia Barat Lakukan Konsolidasi Perkuat Peran

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *