Ketua Umum MES Raih Penghargaan Tokoh Praktisi Syariah 2022

Ketua Umum MES Raih Penghargaan Tokoh Praktisi Syariah 2022

Ketua Umum Pengurus Pusat MES, Erick Thohir menerima penghargaan sebagai Tokoh Praktisi Syariah 2022. Penghargaan tersebut diterima Erick dalam acara Investor Best Syariah Award 2022 yang diselenggarakan oleh Majalah Investor pada Kamis, 15 September 2022. Erick dinilai punya peran penting dalam merealisasikan merger tiga bank syariah pelat merah hingga terbentuknya bank syariah terbesar di Indonesia yaitu, Bank Syariah Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Erick mengungkapkan target besar pemerintah untuk menjadikan Indonesia pusat dari ekosistem syariah dunia. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar, Erick yakin Indonesia dapat menjadi kekuatan utama. Yang terpenting saat ini adalah bagaimana potensi yang ada dikelola dengan baik oleh para professional dan praktisi ekonomi syariah yang berorientasi pada level global.

Menurut Erick syarat untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah terletak pada tiga hal. Pertama harus agresif menyampaikan ke dunia luar bahwa Indonesia punya pasar yang besar. Kedua pembangunan industri halal harus terus ditingkatkan, dan yang ketiga penguatan aspek good corporate governance dalam setiap aktivitas pengelolaan ekonomi syariah nasional.

Berita terkait  Gagap Digitalisasi dan Kesiapan Lembaga Filantropi

Untuk saat ini, Erick menegaskan bahwa keberpihakan kebijakan pemerintah terlihat jelas dalam percepatan industri keuangan syariah ini. Kebijakan yang tak sekadar aturan tapi mendorong implementasi tumbuhnya ekosistem syariah. Namun, Erick juga mengingatkan terkait peran penting masyarakat dalam mendorong bertumbuhnya ekonomi syariah di Indonesia.

Erick juga mewanti-wanti agar ghiroh membangun ekonomi syariah tak sekadar emosional belaka. Sebaliknya, Erick mendorong agar seluruh pihak yang terlibat dalam ekonomi syariah memiliki profesionalisme dan standar tinggi.

Sementara itu, anggota Dewan Juri Syariah Awards 2022, Dian Masyita yang juga merupakan Guru Besar Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran mengatakan, Investor Syariah Awards ini diharapkan menjadi energi positif dan penyemangat para pelaku industri syariah dalam berjuang memajukan ekonomi dan keuangan syariah nasional. Sebab menurutnya masih banyak tantangan yang harus dikerjakan oleh pelaku bisnis syariah, terutama dalam mendekatkan masyarakat pada produk atau instrumen syariah.

Berita terkait  Kemenag Luncurkan Sehati; Program Sertifikasi Halal Gratis Bagi UMK

Selain Erick, Dewan Pakar Pengurus Pusat MES, Aries Muftie dan Dewan Pembina Pengurus Pusat MES, Prof. M. Amin Suma juga memperoleh penghargaan dalam agenda tersebut untuk Tokoh Syariah 2022 katogeri Akademisi dan Tokoh Syariah 2022 kategori Ulama.


Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *