Lakukan Kunjungan ke Pondok Pesantren, Teten Masduki Optimis Pondok Pesantren Mampu jadi Penggerak Ekonomi Umat

Lakukan Kunjungan ke Pondok Pesantren, Teten Masduki Optimis Pondok Pesantren Mampu jadi Penggerak Ekonomi Umat

Menteri Koperasi dan UKM yang juga Wakil Ketua Umum I PP MES, Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke Pondok Pesantren Sunan Drajat di Lamongan, Jawa Timur, pada Kamis, 15 April 2021. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka sosialisasi program pemberdayaan bagi pelaku usaha binaan pondok pesantren, serta penyerahan pembiayaan modal kerja melalui LPDB-KUMKM kepada Koperasi Serikat Bersama Pesantren (KSBP) yang terdiri dari gabungan 17 pondok pesantren yang ada di Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Teten Masduki menyampaikan bahwa pondok pesantren berpotensi menjadi pusat penggerak ekonomi yang sangat besar melalui pengembangan jaringan bisnis ritel modern. Potensi itu didukung dengan banyaknya santri yang menimba ilmu agama di Pesantren. Menurutnya, jaringan bisnis ritel modern yang dikembangkan oleh KSBP juga akan bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat sekitar.

Berita terkait  MES Kalteng Gelar Pembekalan Bertahap bagi Calon Pengurus

Teten menambahkan, kolaborasi 17 pondok pesantren melalui KSBP yang memiliki produk unggulan masing-masing akan bisa tumbuh dan berkembang serta menjadi rantai pasok sektor produksi. Model bisnis koperasi yang dibangun tersebut akan menjadi sirkuit ekonomi yang memberikan akses untuk menguatkan ekonomi umat.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Ketua Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat (PPSD), Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur, dalam sambutannya mengaku senang dengan kehadiran Menteri Koperasi dan UKM yang peduli dengan perkembangan Koperasi Pesantren. Selain itu, kiai kharismatik ini mengatakan bahwa dengan kepedulian dari Menteri Teten, hal ini akan memicu semangat Koperasi binaan Pondok Pesantren untuk terus mengembangkan sayap sehingga pemberdayaan ekonomi umat bisa tercapai.

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *