Buku teks dan panduan magang ekonomi syariah yang disusun oleh 10 perguruan tinggi Indonesia bersama dengan Bank Indonesia dan KNEKS resmi diluncurkan pada Selasa 29 Juni 2021. Sepuluh perguruan tinggi yang terlibat dalam penyusunan buku tersebut antara lain, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pendidikan Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga, UIN ar-Raniry Banda Aceh, Universitas Islam Indonesia, dan Institut Agama Islam Tazkia.

Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin yang turut hadir secara virtual dalam acara peluncuran tersebut, dalam arahannnya menyampaikan bahwa ekonomi dan keuangan syariah menjadi prioritas pemerintah yang diyakini dapat mendukung ketahanan perekonomian nasional. Penguatan ekosistem di sektor tersebut, diperlukan sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang dapat dibentuk melalui pendidikan perguruan tinggi.

Lebih lanjut, KH. Ma’ruf Amin menghimbau kepada perguruan tinggi yang memiliki program studi ekonomi syariah untuk dapat terus mendorong studi dan risetnya ke arah pengembangan ekonomi dan keuangan syariah lebih lanjut. Hal ini dimaksudkan untuk memperluas pola pikir dan kiprah para civitas akademika agar tidak hanya berfokus di kampus, namun dapat bersinergi dengan pemerintah dan lembaga-lembaga lainnya untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi syariah yang inklusif dan berkelanjutan.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo yang juga turut hadir dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk melakukan tiga langkah utama dalam penguatan literasi ekonomi dan keuangan syariah, yaitu mengembangkan dan mempercepat pendidikan dan pelatihan vokasi atau sertfikasi untuk memenuhi kebutuhan keilmuan di industri ekonomi dan keuangan syariah, memperkuat dan memperluas pusat kajian ekonomi dan keuangan syariah, mengkampanyekan budaya inovasi dan laterasi di berbagai pusat dan lembaga kajian di ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *