<strong>MES dan GoTo Jalin Kerja Sama Pengembangan Iklim Usaha di Sektor Industri Halal</strong>

MES dan GoTo Jalin Kerja Sama Pengembangan Iklim Usaha di Sektor Industri Halal

Berdasarkan laporan Indonesia Halal Market Report 2021/2022 yang diluncurkan Dinar Standard, Indonesia berpeluang menambah Rp72,9 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) dari industri halal. Sebagaimana yang selalu ditekankan oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, optimalisasi terhadap peluang tersebut membutuhkan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan yang memiliki visi membangun ekosistem industri halal nasional.

Sejalan dengan hal tersebut, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan PT Gojek Tokopedia (GoTo) menjalin kerja sama terkait perencanaan dan pengembangan iklim dunia usaha di industri halal. Kerja sama tersebut akan difokuskan pada aktivitas pelatihan, edukasi, dan sosialisasi etika industri syariah, serta sertifikasi produk halal untuk merchant GoFood.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan MoU yang dilakukan dalam serangkaian kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional pada Senin, 31 Oktober 2022 di Masjid At Thohir, Depok, Jawa Barat.

Berita terkait  MES Kota Malang Jalin Kerja sama dengan Halal Center Cinta Indonesia

Ketua Umum Pengurus Pusat MES, Erick Thohir mengatakan sebagai organisasi yang inklusif, MES menyadari bahwa dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, membutuhkan kerja sama dari seluruh mitra dan stakeholder terkait.

“Sebagai langkah awal, InsyaAllah pada hari ini dilakukan penandatangan MoU antara MES dengan sejumlah mitra strategis” pungkas Erick.

Erick menyambut baik dan mengapresiasi kerja sama ini. Menurutnya ekonomi dan keuangan syariah merupakan bagian dari elemen penting yang dapat mendorong kemandirian ekonomi nasional.

Senada dengan Erick, Chief Corporate Affairs GoTo, Nila Marita, menuturkan bahwa pengembangan ekonomi syariah sangat membutuhkan sinergi dari semua pihak. Oleh karena itu, pihaknya (GoTo) bekerja sama dengan MES.

Berita terkait  MES DKI Jakarta Dorong Generasi Muda Progresif dalam Berkarya dan Berinovasi

“GoTo berkolaborasi dengan MES untuk mendorong penerapan prinsip syariah dalam kegiatan UMKM yang menjadi mitra usaha GoTo, termasuk mengembangkan industri halal di mitra usaha UMKM kuliner. Ekosistem GoTo sendiri terdiri dari 15 juta mitra usaha yang sebagian besar adalah UMKM”, kata Nila.

Lebih lanjut, pihaknya berharap kolaborasi yang terjalin antara MES dengan GoTo, serta lembaga-lembaga lainnya dapat berkontribusi menjadikan Indonesia sebagai negara dengan standar terbaik dan acuan bagi negara lain dalam hal dalam penerapan dan pengembangan ekonomi syariah.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *