Majalah Infobank menggelar webinar UMKM Millenial Summit 2021, pada Kamis, 6 Mei 2021, dengan tema “Unlocking The Power of SMEs: Membangun Ekosistem dan Akses Keuangan bagi UMKM” yang juga disertai dengan ajang awarding untuk lembaga keuangan dengan kontribusinya yang besar bagi perkembangan UMKM nasional. Acara tersebut diselenggarakan secara hybrid melalui virtual di kanal Youtube dan Zoom, serta di Ayana Midplaza Jakarta.

Penyelenggaraan webinar tersebut dalam rangka menjawab tantangan digitalisasi UMKM agar dapat bersaing di industri lokal maupun pasar global, sehingga dapat memberikan terobosan bagi pemulihan dan kemajuan perekonomian nasional pasca pandemi. Sebagaimana diketahui, sektor UMKM menjadi salah satu fokus pemerintah dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menteri Koperasi dan UKM yang juga Wakil Ketua Umum I PP MES, Teten Masduki yang hadir memberikan keynote speech menyampaikan jika kehadiran Pandemi Covid-19 memberikan efek domino yang besar terhadap peningkatan kemiskinan dan penurunan ekonomi nasional. Oleh karena itu, pemerintah dalam kebijakannya mengambil langkah antisipatif dengan mendorong sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menjadi motor ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional.

Teten menilai bantuan pemerintah melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) mampu menjaga dan membuat UMKM mampu bertahan bahkan berkontribusi dalam penguatan ekonomi nasional di tengah krisis pandemi COVID-19. Hal itu dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang mulai membaik yaitu minus 2,19 persen pada kuartal IV-2020 menjadi minus 0,74 persen pada kuartal I-2021.

Dalam menutup sambutannya, Teten mengharapkan para pelaku UMKM mulai bergerak dan melakukan integrasi serta bersinergi dengan pembaharuan teknologi yang ada saat ini agar mampu menghadirkan produk yang mampu bersaing di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Kategori: Berita MES

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *