Perkuat Ekosistem Kesehatan Islami, Mukisi Luncurkan Pedoman Klinik dan Laboratorium Syariah

Perkuat Ekosistem Kesehatan Islami, Mukisi Luncurkan Pedoman Klinik dan Laboratorium Syariah

Pedoman standarisasi klinik dan laboratorium syariah resmi diluncurkan oleh Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi) pada Kamis, 3 November 2022 dalam acara pembukaan Jogja Halal Festival 2022 dan International Islamic Healthcare and Expo (IHEX) di Jogja Expo Center. Peluncuran tersebut disaksikan langsung oleh Wakil Ketua Umum 1 Pengurus Pusat MES, Teten Masduki.

Peluncuran pedoman klinik dan laboratorium syariah ini merupakan respon dari Mukisi atas meningkatnya kebutuhan masyarakat Indonesia akan ketersediaan fasilitas kesehatan yang menawarkan mutu dan standar syariah.

Ketua Umum Mukisi, Masyhudi mengatakan bahwa pedoman klinik dan laboratorium syariah dapat digunakan oleh para pemilik klinik atau laboratorium untuk mendapatkan sertifikat syariah dari DSN MUI yang bekerja sama dengan Mukisi.

Berita terkait  Naik ke Peringkat 3 Global, Begini Prospek Fintech Syariah Indonesia

“Bila sebelumnya diluncurkan standar rumah sakit syariah, maka saat ini diluncurkan pedoman untuk klinik dan laboratorium syariah” kata Masyhudi.

Lebih lanjut, Masyhudi menjelaskan Mukisi memiliki grand issue mendorong kebangkitan ekosistem syariah di Indonesia. “Untuk periode ini, Mukisi memiliki sebuah grand issue yang menjadi perhatian utama, yaitu bangkitkan ekosistem kesehatan syariah di Indonesia”, kata Masyhudi.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan sejak didirikan pertama kali di Yogyakarta 28 tahun yang lalu, Mukisi terus berkembang hingga saat ini memiliki anggota 500 rumah sakit Islam di Indonesia.

Masyhudi kemudian menegaskan bahwa Mukisi akan bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dalam mengembangkan ekosistem kesehatan syariah di Indonesia. “Inshaallah kita bersinergi dengan MES, karena MES ingin mengembangkan sisi ekonomi, sementara Mukisi mengembangkan Rumah Sakit Syariah” tegasnya.

Berita terkait  Beberkan Program Pengembangan Ekspor Halal, MES Ramaikan Dubai Expo 2020

IHEX yang digelar bersamaan dengan JHF merupakan serangkaian pameran pelayanan kesehatan Islam Internasional yang berisi expo, seminar, talkshow, workshop, dan lain sebagainya.  

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *