Importir Filipina Puji Kualitas Kopi Indonesia

Importir Filipina Puji Kualitas Kopi Indonesia

Masyarakat Ekonomi Syariah berkesempatan mengikuti agenda International Business Matching Specialty Coffee yang diselenggarakan oleh Asuransi Asei Indonesia dan KBRI Manila pada Senin dan Selasa, 27-28 November 2023 di Solo dan Boyolali, Jawa Tengah.

Agenda tersebut mengundang beberapa buyer dari Filipina yang terdiri dari para importir kopi, pemilik coffee shop, dan anggota asosiasi kopi di Filipina. Para buyer tersebut dipertemukan dengan para eksportir kopi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia di antaranya, Boyolali, Temanggung, Bali, Lampung, Banjarnegara, hingga Flores.

Emmanuel U. Torrejon, salah satu Buyer dalam agenda tersebut mengatakan bahwa kopi jenis arabica dan robusta Indonesia memiliki kualitas bagus dan karakteristik rasa yang unik. Hal itu disadarinya ketika melakukan tester terhadap kopi-kopi yang dibawa oleh para eksportir Indonesia. Emmanuel kemudian menempatkan kopi arabica Banjarnegara sebagai salah satu kopi dengan rasa yang special.

Berita terkait  MES Foundation Luncurkan Beasiswa Penelitian 2020

Dalam agenda business matching tersebut, para buyer mengikuti serangkaian acara farm trip, testing, dan cupping kopi eksportir yang dilakukan di kebun kopi di daerah Boyolali.

Sebagai informasi, International Business Matching Specialty Coffee ini bertujuan untuk menghubungkan Eksportir kopi Indonesia dengan para buyers dari Filipina dalam rangka meningkatkan ekspor Indonesia melalui forum yang memberikan kesempatan bagi para eksportir untuk terlibat dalam diskusi produktif, membentuk kemitraan, dan membuka pintu kesuksesan dalam perdagangan kopi internasional.

Agenda ini direncanakan akan direplikasi pada tahun 2024 oleh MES bersama Asuransi Asei Indonesia dengan jumlah buyer dan eksportir yang fokus pada produk-produk halal lokal potensial di Indonesia.

Berita terkait  Wagub Bali Apresiasi Kontribusi MES Bali dalam Program Vaksinasi Nasional

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *