Hadir di SELF, Para Pimpinan Daerah Bahas Strategi Pengembangan Ekonomi Syariah

Hadir di SELF, Para Pimpinan Daerah Bahas Strategi Pengembangan Ekonomi Syariah

Pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di daerah masih dihadapkan dengan sejumlah tantangan, salah satunya terkait dengan pemahaman prinsip dan keberpihakan di kalangan masyarakat dan pemimpin daerah. Hal tersebut membutuhkan peran dan dukungan penuh dari pemerintah daerah melalui jalinan kerja sama dengan semua pihak untuk bersama-sama mengakselerasi perkembangan ekonomi syariah dengan mengoptimalkan potensi yang ada di daerah masing-masing.

Mendukung hal tersebut, Masyarakat Ekonomi Syariah menyelenggarakan 1st Sharia Economic Leaders Forum (SELF) pada Sabtu, 30 September 2023 bertempat di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan. SELF merupakan forum dialog dengan para narasumber para kepala daerah yang menjadi ketua umum/ dewan pembina/ dewan pakar MES dengan tema bahasan mengenai pengalaman menyusun dan strategi implementasi program pengembangan ekonomi syariah di daerah yang dipimpin. Forum ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi MES-MES di daerah lain serta memberikan rekomendasi dalam mengembangkan ekonomi syariah di daerah masing-masing.

Berita terkait  Topidiksi MES Bahas Penjaminan Syariah di Sektor Bisnis Ekspor

Agenda dibuka oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PP MES yang juga sebagai Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia, Muliaman D. Hadad. Dalam Kesempatan tersebut, Muliaman mengatakan bahwa 1st SELF merupakan inisiatif yang sangat penting untuk memberikan wadah berdiskusi tentang perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

“Apresiasi kepada MES yang secara konsisten terus menerus melaksanakan program kerja dan mudah-mudahan terus berlanjut untuk program selanjutnya”, ungkap Muliaman.

Muliaman menambahkan bahwa tingkat inklusi keuangan syariah tahun 2022 baru mencapai 12,1 persen dan literasi keuangan syariah 9,1 persen.

“Ini merupakan pekerjaan rumah kita yang paling besar adalah, bagaimana kita terus menggaungkan dan menyebarkan pemahaman tentang ekonomi syariah bagi masyarakat di seluruh indonesia. Ini sangat mendukung ekspansi pertumbuhan ekonomi nasional” tegas Muliaman.

Dirinya mengatakan, di satu sisi Indonesia juga mendapatkan opportunity yang sangat besar dengan nilai industri halal mencapai  Rp4153 triliun pada 2022. Kesempatan tersebut sangat besar namun menurunya masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Muliaman menegaskan pemerataan dan peningkatan kesejahteraan menjadi fokus yang harus diupayakan.

Berita terkait  MES Bangkalan dan BSI Bangkalan Bahas Program Pemberdayaan Ekonomi Pondok Pesantren

Dirinya berharap MES dapat membantu ini melalui jaringannya yang tersebar ke berbagai daerah hingga tingkat inklusi dan literasi keuangan syariah jadi meningkat dan lebih baik.

Para pimpinan daerah yang hadir di antaranya, Wakil Gubernur Sumut 2018-2023, Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, serta kepala daerah setingkat kabupaten/ kota yaitu Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi.

Penyelenggaraan SELF digadang-gadang sejumlah pihak untuk menjadi agenda rutin tahunan MES yang diharapkan menjadi forum yang produktif untuk menyamakan pemahaman, komitmen dan merumuskan rekomendasi serta strategi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dari daerah masing-masing.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *