Bupati Lombok Utara Komitmen Kembangkan Program Ekonomi Berbasis Masjid

Bupati Lombok Utara Komitmen Kembangkan Program Ekonomi Berbasis Masjid

Pengurus Daerah MES Kabupaten Lombok Utara, resmi dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Wilayah MES Nusa Tenggara Barat, Baiq Mulianah pada Sabtu, 22 Juli 2023 di Aula Kantor Bupati, Lombok Utara. Pelantikan tersebut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu beserta sejumlah pejabat dan tokoh daerah setempat, diantaranya Sekretaris Daerah Lombok Utara, Anding Duwi Cahyadi, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB H. Ahmad Fauzi, dan perwakilan OJK Provinsi NTB.

Djohan Sjamsu dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada segenap Pengurus Daerah MES Lombok Utara yang telah dilantik. Dirinya mendorong agar MES Lombok Utara dapat bersinergi dengan Pemda dalam mengembangkan program inklusif, terutama program ekonomi berbasis masjid.

Djohan menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam mengembangkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, di antaranya melalui program pemberian modal usaha tanpa bunga bagi UMKM. Program tersebut, kata Djohan telah dimulai sejak tahun 2022 dan pada tahun 2023 telah dianggarkan senilai Rp2 miliar.

Berita terkait  MUI Bersama Rumah Zakat Resmikan Pesantren Lansia

Dengan dilantiknya MES Lombok Utara, Djohan berharap upaya Pemda dalam menurunkan angka kemiskinan pada tiap tahunnya dapat terbantu melalui kontribusi yang nyata dari MES Lombok Utara melalui program-program yang memberdayakan masyarakat.

Sementara itu, Baiq Mulianah mengungkapkan bahwa MES Lombok Utara harus mampu berkontribusi dalam meningkatkan keberhasilan dari berbagai program yang dimiliki MES demi mengembangkan perekonomian syariah, khususnya di Lombok Utara. 

Baiq menambahkan, saat ini Provinsi NTB telah memiliki 300 masjid yang telah dilatih dan didampingi, baik oleh MES NTB secara langsung maupun oleh Pengurus Daerah MES di NTB. MES NTB bersama Pengurus Daerah MES di NTB secara berkelanjutan memberikan pemahaman bagi para jamaah dan takmir masjid mengenai bagaimana proses mendapatkan akses pembiayaan tanpa bunga. Tentunya keberhasilan program tersebut dapat diwujudkan karena dukungan dari lembaga keuangan dan regulator. 

Berita terkait  Dewan Pakar MES Dorong Pengembangan Sektor Pariwisata Ramah Muslim di Indonesia

Sementara itu, mewakili Pengurus Daerah MES Lombok Utara, Sekretaris Umum, Sahabudin memaparkan bahwa pasca pelantikan, pihaknya akan segera melakukan forum group discussion (FGD) guna membahas berbagai rancangan program kerja sekaligus untuk meningkatkan solidaritas antar pengurus.

Sahabudin juga mengatakan, MES Lombok Utara akan menjalin kolaborasi yang sinergi dengan Pemda Lombok Utara dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui program-program yang relevan dan berkelanjutan, salah satunya melalui penguatan fungsi masjid bagi pemberdayaan ekonomi umat.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *