MES Kalteng Fasilitasi 70 UMK Peroleh Layanan Konsultasi Sertifikasi Halal

MES Kalteng Fasilitasi 70 UMK Peroleh Layanan Konsultasi Sertifikasi Halal

Pengurus Wilayah MES Kalimantan Tengah (Kalteng) memfasilitasi 70 UMK untuk mengikuti Public Hearing dan Temu Konsultasi Pendampingan PPH pada Senin, 29 Agustus 2022, bertempat di Hotel Luwansa, Palangkaraya. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi BPJPH Kemenag RI, Mastuki yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa Kemenag melalui BPJPH akan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam upaya mempercepat program 10 juta sertifikasi halal gratis bagi pelaku UMKM.

Wakil Ketua Industri manufaktur dan Pengembangan Produk Halal PP MES ini menambahkan, jaminan produk halal harus menjadi kebutuhan bersama, mulai dari pemerintah, pelaku usaha, hingga masyarakat. Untuk itu kerja sama lintas lembaga mutlak diperlukan dalam membantu dan mendampingi masyarakat Kalteng untuk melakukan sertifikasi halal.

Berita terkait  OJK dan MES Resmi Luncurkan Video Edukasi dan Sejarah Pasar Modal Syariah

Mastuki menegaskan, saat ini pihaknya telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dan lembaga untuk menghadirkan program sertifikasi halal gratis bagi UMK di seluruh Indonesia, termasuk Provinsi Kalteng

Sementara itu, Ketua Departemen Literasi, Edukasi, dan Pengembangan SDM MES Kalteng, Asro Lailani Indrayanti menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut karena menjadi sarana yang efektif untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMK terkait proses sertifikasi halal.

Asro menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para pelaku UMK untuk mendapatkan sertifikasi halal secara gratis. Menurutnya peningkatan kapasitas usaha melalui sertifikasi halal dapat berimplikasi signifikan terhadap pengembangan dan pemulihan ekonomi daerah.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Berita terkait  Gagap Digitalisasi dan Kesiapan Lembaga Filantropi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *