Program Harum Berseri Jadi Bukti Inklusivitas Ekonomi Syariah

Program Harum Berseri Jadi Bukti Inklusivitas Ekonomi Syariah

Program Harum Berseri oleh MES Mataram yang diluncurkan pada Maret 2023 lalu telah ditindaklanjuti dengan pemberian bantuan modal usaha kepada sejumlah jamaah lintas agama yaitu kepada jamaah masjid, gereja, dan pura pada Jumat, 13 Oktober 2023 di Ballroom Rinjani Hotel Lombok Raya. Pemberian bantuan kepada jamaah diberikan secara simbolis dalam rangkaian agenda pelantikan Pengurus Daerah MES Kota Mataram.

Wali Kota Mataram, Mohan Roliskana yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Harum Berseri sebagai bagian dari gerakan Mawar Emas adalah program implementatif dan konkret yang tidak hanya berhenti pada aspek teori dan wacana. Menurutnya, himbauan pelarangan riba di tengah masyarakat harus dibarengi dengan solusi agar mata rantai praktik ribawi dapat diputus.

Berita terkait  Laksanakan Raker, Sekretariat MES Rumuskan Strategi dan Inovasi Program

Dirinya sangat mengapresiasi program ini, terlebih dari kegiatan yang didukung oleh Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan serta beberapa Bank Syariah antara lain Bank Syariah Indonesia dan Bank Dinar Ashri, masyarakat juga diberikan pelatihan dan pemberdayaan aktivitas ekonomi yang berbasis pada nilai-nilai syariah.

Sementara itu, Baiq Mulianah menyampaikan, program Harum Berseri menjadi bukti nyata bahwa Mataram adalah Kota yang toleran. Hal tersebut karena Program Harum Berseri tidak hanya menyasar kepada jamaah masjid, tapi juga umat gereja dan pura yang ada di Mataram. Menurut Baiq, ini merupakan bentuk merawat keberagaman yang direalisasikan dengan baik oleh MES bersama pihak-pihak lainnya. Para jamaah yang tergabung dalam Pengurus Ibadah Lintas Agama difasilitasi untuk mendapatkan bantuan pembiayaan modal usaha tanpa riba.

Berita terkait  Menyikapi Rendahnya Literasi Keuangan Syariah, AFSI Gelar Workshop Fintech Syariah

Dalam kesempatan tersebut, hadir Sekretaris Jenderal PP MES, Iggi H. Achsien, Wakil Wali Kota Mataram, TGH Mujiburrahman, Ketua DPRD Kota Mataram, H Didi Sumardi, Kepala OJK NTB, Rico Rinaldy, serta perwakilan Bank Dinar Asri, Yusrol.

Sebagai informasi, Program Harum Berseri merupakan turunan dari program Mawar Emas yang telah diinisiasi oleh MES NTB dan para pemangku kepentingan setempat yang saat ini memasuki angkatan ke-11 untuk seluruh wilayah di NTB. Harum diambil dari visi Kota Mataram yang disingkat dari kata Harmoni, Aman, Ramah Unggul dan Mandiri. Sementara Berseri merupakan akronim dari Bebaskan Masyarakat Dari Sengsara Riba.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *