Buka Pelaksanaan Munas VI, Ini Pesan Wapres Bagi MES dalam Pengembangan Ekonomi Syariah

Buka Pelaksanaan Munas VI, Ini Pesan Wapres Bagi MES dalam Pengembangan Ekonomi Syariah

Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 1442-1445 H resmi menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) VI pada Minggu, 1 Oktober 2023 di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan. Munas merupakan forum tertinggi MES yang dilaksanakan untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban dan evaluasi program kerja pengurus sekaligus mengonsolidasikan dan menguatkan langkah MES melalui rumusan program kerja yang akan dilakukan pada periode mendatang.

Munas VI MES yang mengangkat tema “Memperkuat Kontribusi Ekonomi dan Keuangan Syariah dalam Perekonomian Nasional” ini dihadiri oleh seluruh perwakilan jenjang kepengurusan MES baik pusat, wilayah, daerah dan luar negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin yang hadir memberikan apresiasinya terhadap kepengurusan MES tahun ini yang telah berhasil melebarkan sayapnya. Oleh karena itu, beliau memberikan arahan untuk MES kedepannya .

Berita terkait  MES dan Kemenaker Sepakat Kerja sama Program Pendampingan BLK Komunitas

“Pertama, tingkatkan peran dan kontribusi nyata MES, sebagai penggerak pengembangan ekonomi syariah hingga level akar rumput. Kedua, giatkan pengkajian dan penulisan yang dapat menjadi narasi publik. Dan, ketiga, terus tingkatkan jejaring kolaborasi dan sinergi seluruh pemangku kepentingan untuk akselerasi pengembangan aktivitas ekonomi dan keuangan syariah” Tegas Ma’ruf Amin.

Forum Munas menyepakati pemilihan ketua umum dilakukan dengan menunjuk tim formatur sebanyak 11 (sebelas) dari representasi unsur dewan pembina, dewan pakar, badan pengurus harian, dan perwakilan dari masing-masing MES dari wilayah Indonesia barat, tengah dan timur. Dalam rapat yang berlangsung selama satu jam, tim formatur kembali menetapkan Erick Thohir sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat MES periode 1445-1450 H.

Berita terkait  Business Matching MES Fasilitasi Lebih dari 200 Pelaku Usaha untuk Siap Ekspor

Selain menetapkan Ketua Umum baru, Munas VI MES juga menghasilkan sejumlah rekomendasi konstruktif yang sampaikan oleh Ketua Dewan Pakar MES, Perry Warjiyo untuk dapat diimplementasikan dalam bentuk program kerja oleh pengurus MES pada periode mendatang.

Dalam Munas kali ini juga dilakukan penyerahan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015, penyerahan predikat WTP atas laporan keuangan MES, peresmian Lembaga Wakaf MES, serta penyerahan bantuan Rumah Tahan Gempa kepada Yayasan Masyarakat Mitra Masjid di Kabupaten Cianjur. 

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *