MES Ajak Santri Riyadlul Ulum Wadda’wah Optimalkan Fungsi BLK Komunitas

MES Ajak Santri Riyadlul Ulum Wadda’wah Optimalkan Fungsi BLK Komunitas

Pengurus Daerah MES Tasikmalaya menghadirkan program Pelatihan dan Pendampingan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas bagi para santri Ponpes Riyadlul Ulum Wadda’wah pada Kamis, 27 Juli 2023 di Aula BLK Komunitas Ponpes setempat. Program ini diikuti oleh 30 santri yang disiapkan sebagai tenaga profesional melalui BLK Komunitas.

Pengasuh dan Pengelola BLK Komunitas Ponpes Riyadlul Ulum Wadda’wah, KH. Asep Saeful Alam dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada MES yang telah berkenan menginisiasi program pendampingan tersebut. Menurutnya keterlibatan mitra seperti MES dapat mempercepat upaya Ponpes memberdayakan para santri dengan mengoptimalkan peran BLK Komunitas.

Sementara itu, Sekretaris Umum Pengurus Daerah MES Tasikmalaya, KH. Acep Zoni mengungkapkan bahwa program pendampingan ini menjadi sarana untuk meningkatkan peran santri bagi pemberdayaan ekonomi melalui BLK Komunitas. Menurutnya santri merupakan SDM potensial yang dapat dioptimalkan sebagai penggerak perekonomian Ponpes.

Berita terkait  Rakorwil MES Indonesia Tengah Konsolidasikan Program Kerja di Kepengurusan Wilayah dan Daerah

Sementara itu, Praktisi Bisnis Pesantren dan juga Pengurus Daerah MES Tasikmalaya, Joni A. Mughni yang hadir sebagai narasumber pelatihan mengatakan, saat ini Indonesia telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang mentransformasi berbagai kebijakan terutama di sektor ekonomi. Saat ini, Joni mengatakan aktivitas ekonomi telah beralih dari yang sebelumnya berorientasi pada pemanfaatan sumber daya alam menjadi peningkatan nilai tambah di sektor industri manufaktur dan jasa.

Oleh karena itu, menurut Joni, santri memiliki peran penting sebagai SDM yang menjadi penggerak utama dalam memberikan nilai tambah bagi setiap aktivitas ekonomi saat ini. Santri ke depannya harus dapat mempersiapkan diri menjadi insan yang profesional untuk bersaing di pasar tenaga kerja yang kian kompetitif.

Berita terkait  Ikhtiar MES Sumbawa Barat Kuatkan Pondasi Ekonomi Syariah

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi & Asyila Muthiah Syamsuri

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *