MES dan Bio Farma Jalin Kerja Sama Pendampingan UMKM Halal di Sumedang

MES dan Bio Farma Jalin Kerja Sama Pendampingan UMKM Halal di Sumedang

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) melalui Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) MES bekerja sama dengan Bio Farma dan didukung oleh MES Sumedang menyelenggarakan program Pelatihan dan Pendampingan UMKM Halal di Sumedang dengan tema “Wujudkan UMKM Mandiri, Berkualitas dan Berdaya Saing” pada Selasa, 18 Juli 2023 di Aula Tampomas Gedung Induk Pusat Pemerintahan (IPP), Sumedang.

Program tersebut merupakan salah satu strategi LP3H MES untuk mengakselerasi implementasi sertifikasi halal bagi pelaku UMKM. Tercatat, sebanyak 54 peserta hadir dari kalangan UMKM dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sumedang.

Asisten Daerah Kabupaten Sumedang, Hilman Taufik Wijaya Somantri yang hadir memberikan sambutan menyampaikan bahwa program ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM agar dapat naik kelas dengan meningkatkan kualitas dan standarisasi produknya. Oleh karena itu, Hilman berharap, melalui program ini para pelaku UMKM makin terdorong untuk segera meningkatkan kualitas produknya terlebih pasca sertifikat halal untuk produknya terbit. Hilman kemudian menegaskan bahwa pihaknya siap dengan berbagai kolaborasi program yang diusulkan oleh MES terkait peningkatan kapasitas UMKM di Sumedang.

Berita terkait  Dai di Jawa Barat Didorong Berperan Aktif Memasyarakatkan Ekonomi Syariah

Sementara itu, Sekretaris Umum MES Jawa Barat (Jabar), Hasanuddin menjelaskan bahwa MES Jabar sangat berkomitmen untuk selalu mendukung dan berkontribusi terhadap program-program MES di daerah, khususnya terkait upaya peningkatan kualitas dan kapasitas UMKM lokal.

Adapun Ketua Umum MES Sumedang, Budi Sholihin mengungkapkan bahwa MES Sumedang senantiasa menjalin komunikasi aktif dengan semua pihak, terutama pemerintah daerah untuk menghasilkan program-program yang inklusif. Hal ini menurut Budi, dapat mengoptimalkan peran MES Sumedang di tengah masyarakat.

Program ini turut didukung oleh PT. Asuransi ASEI Indonesia dan dan PT. Permodalan Nasional Madani (PNM). Hadir menjadi narasumber dalam kesempatan tersebut yaitu, Assistant Vice President TJSL Bio Farma, Sarmedi, Pengurus Wilayah MES Jabar, Iman Aryadi, Technical Advisor Asuransi ASEI Indonesia, Mutia Safitri, serta Kepala Divisi Perdagangan Asuransi ASEI Indonesia.

Berita terkait  Perkuat Modal UMKM, MES Jakbar Sosialisasikan SCF

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi & Asyila Muthiah Syamsuri

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *