Indonesia Tourism Forum bersama World Tourism Forum Institute serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan kegiatan tahunan internasional “Global Tourism Forum (GTF); Leaders Summit Asia 2021” yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 15 dan 16 September 2021 di Hotel Raffles, Jakarta. Agenda yang dilakukan secara hybrid dengan standar protokol kesehatan yang ketat ini diiikuti oleh perwakilan organisasi pariwisata dari seluruh belahan dunia.

Dalam kesempatan tersebut, turut dihadiri Wakil Presiden RI; KH. Ma’ruf Amin yang dalam sambutannya, meminta kepada semua pihak untuk secara konsisten meningkatkan literasi masyarakat terkait konsep wisata halal. Dirinya menilai implementasi pengembangan wisata halal saat ini masih terkendala oleh rendahnya tingkat literasi. Masih banyak disinformasi yang menimbulkan presepsi keliru mengenai pariwisata halal di masyarakat.

Ketua Dewan Pembina PP MES ini juga mengatakan, konsep wisata halal berkaitan erat dengan pemenuhan fasilitas layanan halal yang ramah bagi wisatawan Muslim di setiap destinasi wisata. Fasilitas tersebut diwujudkan dalam bentuk ketersediaan akomodasi penginapan, restoran halal, tempat ibadah yang memadai, serta fasilitas layanan halal lainnya.

Menurutnya semua itu dapat dimulai dengan pemenuhan aspek kebersihan, kenyamanan, dan kesesuaian dengan tuntunan agama. Sehingga berdampak pada peningkatan minat wisatawan muslim dunia untuk datang ke Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Sandiaga Uno dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya dalam penyelenggaraan kegiatan Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition (MICE) di era adaptasi kebiasaan baru.

Sandi menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menguatkan optimisme bersama dalam mempersiapkan destinasi pariwisata untuk menyambut wisatawan internasional dengan cara yang lebih aman.

Kegiatan GTF merupakan brand dari World Tourism Forum Institute yang berbasis di London dengan fokus kajian pada pembahasan solusi atas tantangan-tantangan yang dihadapi industri pariwisata.

Mulai tahun 2020, gelaran GTF ini dilakukan di berbagai negara dan Indonesia menjadi negara Asia pertama yang terpilih sebagai tuan rumah. Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat memegang peranan penting dalam menghadirkan solusi kongkrit yang memberikan dampak besar terhadap pengembangan sektor pariwisata halal di Indonesia.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *