Muhadatsah Dewan Pakar MES Pakistan Bahas Pentingnya UMKM

Muhadatsah Dewan Pakar MES Pakistan Bahas Pentingnya UMKM

Kunjungan Dewan Pakar MES Hendri Tandjung membawa berkah tersendiri bagi pelajar sekaligus pelaku UMKM dikalangan mahasiswa di Pakistan. Pengurus Wilayah Khusus MES Pakistan menggelar acara “Muhadatsah Dewan Pakar” pada Kamis (01/02) bersama pakar ekonomi  Hendri Tanjung yang di laksanakan pada Kamis (01/02) di KiwKiw Camp salah satu Cafe rintisan UMKM. Acara ini dihadiri sekitar 25 orang mahasiswa dan pelaku UMKM di kota Islamabad Pakistan.

Agenda Muhadatsah Dewan Pakar ini merupakan forum diskusi dari Indonesia Muslim Youthpreuner (IMY)  komunitas UMKM dan pelaku usaha yang diinisiasi oleh PWK MES Pakistan.

Dalam kesempatan ini, Hendri menyampaikan perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dan kontribusi yang besar terhadap perekonomian nasional. Akan tetapi dibalik kesuksesan tersebut saat ini UMKM masih menghadapi beberapa tantangan, yaitu akses pembiayaan yang terbatas, kesiapan digital, dan akses pemasaran yang terbatas. Faktor tersebut dapat menghambat UMKM untuk berkembang.

Berita terkait  Ketua Umum MES NTB Resmikan Galeri Investasi Syariah BEI Pertama di NTB

Dalam kesempatan lain salah satu mahasiswa dan pemilik rumah makan Indonesia ‘Dulang Lombok’ di Islamabad mengatakan bahwa acara ini memberikan perspektif yang baru kepadanya terkait tantangan dan potensi produk lokal menjadi produk global.  

Acara dengan konsep sarasehan ini ditutup dengan menikmati makanan indonesia dan produk-produk UMKM dari teman-teman yang hadir.

Penulis : Qonaitah Azmah Syahidah

Editor : Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *