MES Banyumas Resmikan Masjid Entrepreneur dan Gerakan Anak Cinta Masjid

MES Banyumas Resmikan Masjid Entrepreneur dan Gerakan Anak Cinta Masjid

Pengurus Daerah MES Banyumas meresmikan Masjid Ikhsanul Fikri sebagai Masjid Entrepreneur sekaligus menginisiasi “Gerakan Anak Cinta Masjid” pada Minggu 16 Juli 2023 bertempat di Desa Sokaraja Tengah, Kecamatan Sokaraja, Banyumas. Masjid ini dicanangkan sebagai pusat pemberdayaan usaha bagi masyarakat sekitar. Sebanyak 300 peserta hadir meramaikan program tersebut yang mana 160 di antaranya merupakan anak-anak yang diberikan bantuan donasi.

Ketua Umum MES Banyumas, Akhmad Darmawan mengatakan bahwa pembangunan masjid entrepreneur telah dimulai sejak tahun 2021 lalu. Kedepannya, kata Dermawan, masjid ini akan menjadi pusat pendidikan, pengkaderan, dan pengembangan program pemberdayaan di bidang muamalah dalam rangka menstimulasi jiwa entrepreneurship pada jamaah sekitar.

Berita terkait  Pengurus Daerah MES Rokan Hilir Resmi Terbentuk

Darmawan mencontohkan, masjid ini telah memiliki program pendidikan TPQ, pelatihan bagi UMKM, perpustakaan mini, dan juga unit usaha berupa Angkringan Pinggir Sawah Sotengmas. Hal ini sebagai upaya untuk mempercepat fungsi dari masjid.

Disisi lain, Ketua Bidang Edukasi, Sosial dan Advokasi MES Banyumas, Yan Aldo Wiliantoro turut menegaskan, masjid ini akan menjadi sarana dalam meningkatkan kemampuan bisnis bagi jemaah terutama generasi muda dan anak-anak. Harapannya, para jemaah mampu berperan menjadi pelaku usaha yang handal dan berakhlak baik.

Selain dihadiri oleh internal pengurus MES Banyumas, agenda ini juga dihadiri dan disaksikan oleh beberapa pejabat daerah setempat mulai dari Camat Sokaraja Jakarta Tisam, Kapolsek Sokaraja, Danamil Sokaraja, Pengurus Takmir Masjid Ikhsanul Fikri, hingga perwakilan dari lembaga keuangan dan regulator seperti KPw Bank Indonesia Purwokerto , Otoritas Jasa Keuangan Purwokerto, dan Bank Syariah Indonesia.

Berita terkait  Dubes RI untuk Pakistan Dukung MES Lakukan Terobosan Konkret dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis dan Asyila Muthiah Syamsuri

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
1 Comment
Apik Anita sari Intan Saputri

Alhamdulillah,… Semangat berkarya untuk negeri,… Melalui masjid enterpreneur, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan perekonomian masyarakat meningkat

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *