Erick Thohir Berkomitmen Terus Bangun Industri Halal Indonesia

Erick Thohir Berkomitmen Terus Bangun Industri Halal Indonesia

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir mengatakan, Indonesia sebagai negeri dengan penduduk Muslim terbesar di dunia tidak bisa selamanya menjadi penonton industri halal dunia. Hal ini disampaikannya saat menghadiri Rakernas Al Washliyah pada Sabtu 12 Juni 2022.

Peringkat dari beberapa sektor industri halal Indonesia yang tidak masuk 10 besar, menjadi indikasi bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh seluruh pemangku kepentingan.  

Oleh karena itu, Erick meminta seluruh elemen bangsa untuk saling intropeksi dan menguatkan sinergi untuk membangun industri halal Indonesia lebih baik lagi. Hal ini sejalan dengan tekad pemerintah untuk meningkatkan perekonomian berbasis syariah, termasuk industri halal.

Berita terkait  MES dan Universitas Khairun Ternate Sepakati Kerja Sama Peningkatan Kompetensi di Sektor Keuangan Syariah

Erick juga mengungkapkan bahwa bank syariah saat ini terus tumbuh, bahkan di atas pertumbuhan ekonomi konvensional, baik dari aspek pertumbuhan aset, pembiayaan hingga pertumbuhan dana pihak ketiga. Hal ini semakin membuktikan peranan penting perekonomian syariah bagi Indonesia.

Kementerian BUMN bersama dengan pihak-pihak terkait berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah nasional melalui penguatan perannya dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Salah satunya melalui intervensi kebijakan di industri perbankan syariah. Erick mengatakan langkah tersebut ditunjukan melalui beberapa kebijakan, diantaranya pendirian Bank Syariah Indonesia dan penyehatan kembali Bank Muamalat Indonesia. Menurutnya adanya dukungan dari negara dapat menjadi katalisator yang cukup efektif bagi industri halal

Berita terkait  MES Kalsel Perkuat Peran dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Mikro Syariah Daerah

Erick berharap, dalam proses mengembangkan industri halal nasional, segala perbedaan pendapat yang ada tidak terus diperbesar. Sebagai satu bangsa Indonesia, yang terpenting adalah meningkatkan kontribusi bersama.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *