Erick Thohir: Pesantren Punya Peran Sosial dan Ekonomi yang Strategis

Erick Thohir: Pesantren Punya Peran Sosial dan Ekonomi yang Strategis

Ketua Umum Pengurus Pusat MES yang juga Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan kerja ke sejumlah lokasi di Kabupaten Ponorogo pada Sabtu 5 Februari 2022. Di antara lokasi yang dikunjungi oleh Erick Thohir adalah pondok pesantren Darul Huda Mayak dan IAIN Ponorogo.

Di Pesantren Darul Huda Mayak, Erick mengikuti dzikir akbar bersama para masyayikh pesantren, kyai, alim ulama, dan santri wilayah Mataraman dalam rangka menyambut Isra’ Mi’raj.

Dalam sambutannya, Erick mengatakan bahwa pondok pesantren memiliki peranan penting dan strategis dibidang sosial dan ekonomi untuk mewujudkan kemaslahatan umat. Lebih lanjut, Erick mengatakan untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan berdaya saing, dibutuhkan banyak tenaga ahli muda yang kompeten dan relevan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu peran pesantren sangat penting untuk menciptakan santri-santri intelektual yang adaptif dan memiliki peran signifikan dalam roda perekonomian.

Berita terkait  MES Berikan Santunan kepada Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa

Sebelumnya, Erick juga berkesempatan menyampaikan kuliah umum dalam acara seminar nasional yang diselenggarakan oleh IAIN Ponorogo. Dalam kesempatan tersebut, Erick menegaskan terkait pentingnya peran kampus dalam mengembangkan industri halal Indonesia.

Menurut Erick, dalam mengembangkan industri halal diperlukan sinergi antara pusat, daerah, dan instansi-instansi terkait terutama pendidikan. Dirinya menegaskan bahwa Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, harus bisa menjadi pusat industri halal di dunia.

Erick juga mengapresiasi rencana IAIN Ponorogo yang akan menginisiasi pembentukan lembaga pendamping sertifikasi halal di wilayah Ponorogo. Dirinya berharap inisiatif baik dari IAIN Ponorogo tersebut dapat membawa kesejahteraan pada para pelaku UMKM di Ponorogo dan sekitarnya. 

Berita terkait  Bank Indonesia Gandeng MES Gali Potensi Ekspor Produk Halal Indonesia di Pasar Global

Penulis: Muhamad Iqbal haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *