Cetak Eksportir Produk Halal, MES dan Asei Lakukan Sekolah Ekspor

Cetak Eksportir Produk Halal, MES dan Asei Lakukan Sekolah Ekspor

Dalam rangka meningkatkan nilai tambah, lapangan kerja, industrialisasi, dan investasi di sektor riil sebagai salah satu prioritas strategis sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, MES bekerja sama dengan Asuransi Asei dan Sevenpreneur menyelenggarakan program sekolah Ekspor bertajuk Halal Exporter Empowerment (Hexpo) dengan mengangkat tema “Eksplorasikan Idemu, Eksporkan Usahamu”.

Kegiatan ini akan berlangsung selama sembilan bulan sejak April hingga Desember 2024 dan diikuti sebanyak 16 pelaku usaha yang telah lolos seleksi sebelumnya. Pertemuan perdana dilaksanakan secara offline pada Selasa (30/05) bertempat di Ruang ECI, Gedung Menara Kadin Indonesia Lantai 21, Jakarta.

Kepala Bagian Asuransi Perdagangan PT Asuransi Asei Indonesia, Mutia Safitri, menjelaskan tujuan program Hexpo sebagai salah satu bentuk komitmen dan upaya untuk melakukan pendampingan berkelanjutan hingga mampu melakukan ekspor.

Berita terkait  Didukung Bank Indonesia, MES dan PT Geber Ekspor Indonesia Teken Kontrak Ekspor Kopi Senilai USD 1,7 juta ke Oman

“Saya ingin menggarisbawahi pentingnya program Hexpo ini sebagai suatu proses pendampingan kegiatan ekspor. Kami bersama MES berkomitmen untuk membantu dan mendampingi peserta hingga mampu menjalankan ekspor secara mandiri,” ungkapnya.

Salah satu peserta Hexpo, Rifda Nabilah Afifah, mengungkapkan rasa syukurnya dapat menjadi bagian dari program ini. Menurutnya, selain memperluas jaringan dan pangsa pasar yang lebih luas, kegiatan ini juga memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.

“Partisipasi dalam acara ini memberikan harapan untuk meningkatkan kapabilitas dalam bidang ekspor, serta memberikan dampak positif bagi usaha saya. Saya berharap dapat menjalin hubungan dengan link dan buyer tidak hanya di wilayah Asean, tetapi juga di pasar internasional,” ujarnya.

Berita terkait  Dewan Pakar MES Bahas Strategi Dorong Penetrasi Produk Halal Indonesia di Kancah Global

Melalui kegiatan ini, para pelaku usaha diharapkan mampu untuk mengembangkan potensi ekspor secara mandiri, meningkatkan daya saing di pasar global, dan membawa kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, khususnya dalam konteks ekspor produk halal.

Pada pertemuan perdana ini, dipaparkan mengenai profil Asei, pengenalan bisnis ekspor, identifikasi potensi internal dan potensi pasar ekspor serta pengembangan/ adaptasi produk ekspor.

Penulis: Muhammad Lutfi NS | Editor: Herry Aslam Wahid

Sumber foto: Dokumentasi MES

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *