Topi Diksi Berikan Tips Atur Keuangan Hadapi Tahun 2024

Topi Diksi Berikan Tips Atur Keuangan Hadapi Tahun 2024

Masyarakat Ekonomi Syariah bekerja sama dengan Sucorinvest Asset Management menyelenggarakan Topi Diksi (Tongkrong, Ngopi, dan Diskusi) pada Sabtu, 2 Desember 2023 di Zoti Restaurant, Menteng, Jakarta Pusat mengangkat tema “Resolusi Keuangan 2024: Atur Pengeluaranmu, Cerah Masa Depanmu” yang dihadiri sebanyak 50 orang peserta dari berbagai kalangan.

Tema ini diangkat dalam rangka memberikan edukasi perihal pentingnya perencanaan keuangan yang baik guna menghadapi pergantian tahun yang tinggal menyisakan beberapa minggu lagi.

Hadir sebagai narasumber dalam kesempatan tersebut, Pengurus Pusat MES yang juga seorang Financial Planner, Kaukabus Syarqiyah dan perwakilan Sucorinvest Asset Management, Sri Lestari Werdiningsih.

Kaukabus menjelaskan perihal gambaran kondisi ekonomi pada tahun 2024. Dirinya menjelaskan tahun tersebut adalah momentum untuk menata kembali keuangan yang sempat goyah karena diterpa tantangan ekonomi yang terjadi pada tahun 2023.

Berita terkait  8th MES Premiere Charity Golf Tournament 2023

Sosok yang akrab disapa Kikau ini kemudian mengimbau kepada para peserta untuk memastikan kondisi keuangan keluarga dengan memperbaiki arus kas harian, mingguan, bahkan bulanan. Serta mengecek kembali daftar hutang jangka pendek, menengah, dan panjang untuk diatur ritme dalam pembayarannya.

Sementara itu, Lestari dalam materinya menyampaikan bagaimana perencanaan keuangan sangat penting untuk memitigasi risiko keuangan di masa depan. Dirinya kemudian membagi risiko keuangan menjadi tiga jenis, yaitu konservatif, moderat, dan agresif. Menurutnya ketiga risiko tersebut memiliki mitigasi yang berbeda satu sama lain.

Dirinya kemudian menjabarkan beberapa instrumen investasi yang dapat dipilih dalam mendukung perencanaan keuangan di antaranya saham, obligasi, dan reksa dana. Lestari kemudian menganjurkan reksa dana sebagai instrumen aman yang dapat dipilih oleh peserta. Hal tersebut dikarenakan reksa dana memiliki risiko yang rendah dengan modal investasi yang minim.

Berita terkait  MES DIY Serahkan Bantuan Perlengkapan Produksi Kepada Pelaku Usaha di Desa Panggungharjo

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *