MES Pakistan Fasilitasi 125 Pelaku Usaha Diaspora Indonesia di Pakistan

MES Pakistan Fasilitasi 125 Pelaku Usaha Diaspora Indonesia di Pakistan

Masifnya pertumbuhan diaspora Indonesia di Pakistan terutama kalangan mahasiswa juga diiringi dengan tumbuhnya wirausaha muda yang menawarkan produk-produk potensial dari Indonesia. Fenomena tersebut menjadi potensi apabila dioptimalkan dengan baik melalui berbagai program peningkatan kapasitas dan kualitas yang dapat menstimulasi nilai tambah dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Potensi tersebut kemudian direspon oleh Pengurus Wilayah Khusus MES Pakistan dengan menyelenggarakan Indonesia Muslim Youthpreneur (IMY) pada Minggu, 19 November 2023 di Aula Budaya Nusantara, KBRI Islamabad. Bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Pakistan dan Fungsi Ekonomi KBRI Islamabad, program ini menjadi sarana pemberdayaan para pelaku usaha yang ada di wilayah Islamabad serta memfasilitasi produk-produk yang ditawarkan untuk dikenal lebih luas di wilayah Pakistan.

Berita terkait  MES Edukasi Masyarakat Agar Cermat Memilih Properti Syariah

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar RI Islamabad, Adam Mulawarman Tugio mengatakan bahwa potensi menjadi wirausaha di Pakistan sangat luas bagi mahasiswa Indonesia. Mahasiswa, kata Adam merupakan perwakilan dari Indonesia yang harus memperluas jaringannya agar produk-produk lokal Indonesia dapat merambah pasar Indonesia nasional, khususnya di Pakistan.

Sementara itu, Ketua Umum MES Pakistan, Muladi Mughni mengatakan IMY merupakan temu bisnis antar pengusaha muda muslim Indonesia di Pakistan yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran ide, menjalin kolaborasi, berdiskusi atas berbagai tantangan masalah, menguatkan motivasi, serta menyebarkan inspirasi dalam rangka mengembangkan dan memperluas potensi pasar produk halal lokal di Pakistan.

Muladi kemudian berterima kasih pada semua pihak yg telah menyukseskan program IMY. Dirinya menekankan MES sebagai diaspora Indonesia di Pakistan mempunyai peran yang signifikan untuk mengenalkan produk Indonesia di pasar global. 

Berita terkait  MES Kalteng Jalin Kerja Sama dengan BEI Kalteng

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *