Lewat Ngopi, MES Kendal Canangkan Kota Ramah Investor Saham Syariah

Lewat Ngopi, MES Kendal Canangkan Kota Ramah Investor Saham Syariah

Pengurus Daerah MES Kendal meluncurkan program literasi pasar modal syariah bertajuk Ngopi (Ngobrol Seputar Investasi) pada Sabtu, 18 November 2023 bertempat di Saat Senja Coffe, Kendal. Program ini merupakan wujud keseriusan MES Kendal untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal syariah bagi masyarakat Kendal, khususnya kalangan anak muda. Selain itu juga untuk menambah wawasan dan membuka pikiran agar tidak terjebak dengan tawaran investasi bodong, pinjaman online (pinjol), dan judi slot yang merugikan masyarakat.  

Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Jateng I, Fanny Riqfi El Fuad yang menjadi nara sumber dalam kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya pengetahuan investasi agar kepemilikan aset dapat tumbuh dan terlindungi dari ancaman inflasi yang naik tiap tahunnya.

Berita terkait  Indonesia Menjadi Negara Asia Pertama Sebagai Tuan Rumah Gelaran GTF

Meski demikian, Fanny mengingatkan bahwa pemilihan instrumen investasi harus dilakukan secara cermat dan teliti. Fanny mencontohkan pemilihan saham yang harus berdasarkan pengetahuan investor perihal emiten atau perusahaan yang bluechip (saham emiten dengan kondisi bagus) agar tidak mengalami kerugiaan.

Sedangkan Dewan Pakar MES Kendal, Ubaedul Mustofa selaku pembicara kedua menyampaikan bahwa Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dapat menjadi pilihan para investor pemula untuk mencari dan menentukan saham-saham yang memenuhi standarisasi nilai-nilai syariah.

Sementara itu, Ketua Umum MES Kendal, Irkham Fukhuluddin mengatakan esensi program Ngopi ini adalah untuk mewadahi masyarakat khususnya kalangan anak muda untuk belajar memahami investasi syariah dengan cara yang lebih santai dan interaktif.

Berita terkait  Turut Cegah Penyebaran Hoax di Media Sosial, MES Lakukan Literasi Digital

Program Ngopi, kata Irkham merupakan langkah MES Kendal untuk mewujudkan Kendal sebagai Kota Ramah Investor Saham Syariah. Hal ini merupakan respon atas pertumbuhan investor syariah di Kendal yang kian progresif. Oleh karena itu, program Ngopi akan diagendakan secara rutin dan berkelanjutan dengan tema-tema yang fokus perihal investasi sehingga mampu meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai dunia investasi khususnya investasi di pasar modal syariah.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *