Buka Penyelenggaraan ISEF 2023, Wapres Ma’ruf Amin Beri Tiga Arahan Perkuat Industri Halal Nasional

Buka Penyelenggaraan ISEF 2023, Wapres Ma’ruf Amin Beri Tiga Arahan Perkuat Industri Halal Nasional

Penyelenggaraan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-10 tahun 2023 resmi dibuka oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin pada Kamis, 26 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center. Dalam kesempatan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin memberikan tiga arahan untuk memperkuat industri halal di Indonesia. Pertama, meningkatkan dan memperluas pemanfaatan digitalisasi dan inovasi digital sebagai penggerak utama akselerasi pengembangan ekonomi syariah. Menurutnya hal tersebut akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas industri halal di dalam negeri.

Kedua, Wapres Ma’ruf Amin mengimbau untuk terus meningkatkan literasi dan inklusi ekonomi dan keuangan syariah, setidaknya mencapai 50%. Hal ini akan berkorelasi dengan meluasnya pangsa pasar ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Ketiga, dirinya mengingatkan tentang pentingnya menjaga dan mengawal bersama konsistensi dan keberlanjutan program-program ekonomi syariah hingga masa mendatang. Dalam hal ini, Wapres Ma’ruf Amin menekankan pentingnya ini perlu penguatan sinergi dan koordinasi antara seluruh pemangku kepentingan.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam kesempatan pembukaan acara, menyampaikan sejumlah pencapaian penting dalam satu dekade penyelenggaraan ISEF sebagai sebuah karya bersama hamzah washal. Capaian tersebut adalah terbentuknya ekosistem ekonomi keuangan syariah di Indonesia yang terintegrasi dan terdigitalisasi, penguatan kelembagaan dan regulasi pengembangan ekonomi keuangan syariah secara nasional dan daerah, dan penguatan leadership di berbagai forum internasional.

Berita terkait  MES dan KBRI Kairo Perkuat Komitmen Kerja Sama Ekspor Produk Halal ke Mesir

Lebih lanjut, Perry juga menyampaikan sejumlah kebaruan penyelenggaraan ISEF 2023 yang ditandai dengan peningkatan skala penyelenggaraan melalui International Modest Fashion Festival (IN2MF) sebagai fashion modest terbesar yang terselenggara atas dukungan berbagai pihak dengan menghadirkan 178 desainer, dan juga produk-produk UMKM premium binaan BI.

Perry juga menyampaikan bahwa ISEF kali ini juga makin menggencarkan promosi konsumsi makanan halal melalui Indonesia International Halal Chef Competition (IN2HCC) sebagai kompetisi chef berskala internasional untuk mempromosikan kuliner halal Indonesia kepada dunia.

Selain itu, penguatan kolaborasi domestik dan internasional juga dilakukan, termasuk penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) yang diikuti potensial buyer dari berbagai negara.

Perhelatan ISEF ke-10 diselenggarakan selama sepekan mulai 25-29 Oktober 2023 dengan rangkaian kegiatan terdiri dari seminar bertaraf nasional dan internasional, business matching, showcase internasional, dan eksibisi serta berbagai kompetisi. ISEF menjadi program kolaboratif yang diinisiasi oleh Bank Indonesia dengan mengajak serta seluruh pemangku kepentingan, salah satunya adalah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) melalui penyelenggaraan Forum Business Matching pada 27 Oktober 2027. Melalui penyelenggaran ISEF ke-10 ini diharapkan menjadi momentum untuk semakin memperkuat upaya mengintegrasikan pemikiran dan inisiatif seluruh penggiat eksyar dalam pengembangan ekonomi keuangan syariah Indonesia.

Berita terkait  MES Yogyakarta Sosialisasikan Program Wakaf Tunai Arisan

Dalam ISEF kali ini juga diresmikan Masterplan Industri Halal Indonesia (MPIHI) dan aplikasi Satu Wakaf Indonesia. MPIHI merupakan masterplan industri halal sebagai referensi bersama pengembangan industri halal Indonesia dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai pusat produsen halal terkemuka di dunia. Adapun aplikasi Satu Wakaf Indonesia adalah aplikasi yang akan mengintegrasikan dan mengkolaborasikan secara nasional platform dari berbagai badan/lembaga wakaf dan amil zakat di Indonesia sehingga dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas baik dalam melakukan mobilisasi dana dan aset maupun dalam mendorong inklusi berkelanjutan.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *