LP3H MES dan MES Kalsel Percepat Sertifikasi Halal di Banjarmasin

LP3H MES dan MES Kalsel Percepat Sertifikasi Halal di Banjarmasin

LP3H MES dan MES Kalimantan Selatan menyelenggarakan Pelatihan Pendamping Proses Produksi Halal (PPH) pada Kamis, 12 Oktober 2023 secara hybrid di Kampus Politeknik Negeri Banjarmasin. Diikuti oleh puluhan peserta dari kalangan penyuluh agama, perwakilan Ormas Islam, dan masyarakat umum, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendamping halal sebagai sarana mempercepat sertifikasi halal skema self declare di Indonesia, khususnya di Banjarmasin dan sekitarnya.

Ketua Umum MES Kalsel, Mairijani mengatakan Pelatihan PPH menjadi salah satu upaya untuk mempercepat proses sertifikasi halal yang ditargetkan mencapai 1 juta produk sesuai dengan Mandatori Halal 2024. Oleh karena itu, Pendamping PPH memiliki peran penting karena menjadi pihak yang membantu para pelaku UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal.

Berita terkait  Kreatif ! MES Sudan Susun Bait Nadzom Landasan Ekonomi Syariah

Mairijani menegaskan para Pendamping PPH nantinya akan mendamping para pelaku usaha, baik pendampingan terhadap proses produksi produk maupun terkait pemenuhan segala persyaratan administratif dalam proses pengajuan sertifikasi halal self declare.

Mairijani menambahkan, para Pendamping PPH ini akan disebar ke berbagai daerah di Banjarmasin dan Banjarbaru. Namun tidak menutup kemungkinan untuk Kabupaten yang lain juga akan ikut mendapat pendampingan dari para Pendamping PPH. Dirinya pun berharap para peserta pelatihan dapat lulus menjadi Pendamping PPH agar bisa berperan aktif dalam proses pendampingan yang membawa kebermanfaatan kepada para pelaku usaha.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *