Turut Cegah Penyebaran Hoax di Media Sosial, MES Lakukan Literasi Digital

Turut Cegah Penyebaran Hoax di Media Sosial, MES Lakukan Literasi Digital

Di era digital saat ini teknologi informasi menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Sejalan dengan hal tersebut, penyebaran informasi bohong juga menyebar begitu masif di tengah masyarakat yang acap kali memicu konflik.

Dalam serangkaian agenda pameran 165 Halal Fair, MES bekerja sama dengan Siberkreasi menghadirkan Talkshow Literasi Digital dengan tema “Membangun Generasi Cakap Literasi Digital” pada Sabtu, 9 September 2023 di Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan. Lebih dari 130 peserta hadir yang berasal dari para pengunjung pameran.

Hadir dalam kesempatan tersebut sebagai nara sumber Wakil Ketua Komite Digitalisasi Keuangan dan Bisnis MES, Ari Pratiwi dan Koordinator Divisi Program Siberkreasi, Abdurrahman Hamas Nahdly.

Berita terkait  MES dan GoTo Jalin Kerja Sama Pengembangan Iklim Usaha di Sektor Industri Halal

Ari Pratiwi dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa digitalisasi merupakan katalisator untuk mempercepat kemajuan peradaban, khususnya dalam mendorong perkembangan industri halal. Menurutnya ada beberapa peran dan manfaat digital bagi perkembangan industri halal, diantaranya mengakselerasi bisnis-bisnis halal melalui aktivitas pemberdayaan dan menguatkan literasi tentang gaya hidup halal dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial.

Namun demikian, Ari mewanti-wanti agar masyarakat tetap bijak menggunakan berbagai layanan digital mengingat maraknya berbagai kejahatan siber dan penyebaran hoax di media sosial.

Sementara itu, Hamas dalam penyampaiannya menekankan pentingnya masyarakat untuk lebih cermat dan berhati-hati dalam menerima informasi di media digital, baik itu dari media online maupun media sosial. Dirinya menegaskan, cepatnya penyebaran hoax disebabkan karena banyak pengguna media sosial yang mudah menyebarkan informasi yang sumbernya tidak tervalidasi dan tidak kredibel.

Berita terkait  Menteri Erick Akan Bawa Industri Halal RI Mendunia Lewat UMKM

Hamas kemudian memaparkan beberapa cara mengenali hoax di antaranya diawali dengan kata-kata sugestif dan menghebohkan, kerap mencatut nama tokoh atau lembaga terkenal, tidak masuk akal dan disertai dengan penelitian palsu serta tidak muncul di media-media arus utama. Selain itu, Hamas juga mengajak agar masyarakat tidak sungkan melakukan pengecekan informasi pada laman yang disediakan oleh kominfo yaitu cek.lawanhox.id.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *