MES Selenggarakan Talkshow Bank Syariah dalam Pameran 165 Halal Fair

MES Selenggarakan Talkshow Bank Syariah dalam Pameran 165 Halal Fair

Industri perbankan syariah diyakini sebagai salah satu sektor penting dalam mendukung pertumbuhan industri halal dalam jangka panjang. Atas dasar tersebut, dalam rangkaian pameran 165 Halal Fair, MES menyelenggarakan talkshow dengan tema “Peran Perbankan Syariah dalam Membangun Ekosistem Halal di Indonesia” pada Sabtu, 9 September 2023 di Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat mendorong peningkatan inklusi bank syariah agar berimplikasi terhadap ekosistem halal nasional.

Hadir sebagai narasumber dalam kesempatan tersebut, Wakil Komite Perbankan Pengurus Pusat MES, Alfi Wijaya dan Departemen Head Islamic Ecosystem BSI, Hikmah Rizka Maslahatin.

Alfi Wijaya dalam kesempatan tersebut menjabarkan bahwa sektor keuangan syariah saat ini telah memiliki aset senilai Rp2,3 ribu triliun dengan jumlah institusi mencapai 473. Sementara itu, khusus untuk sektor perbankan syariah, market share-nya telah mencapai sebesar 7 persen lebih. Penambahan market share ini tentu imbas dari terbentuknya Bank Syariah Indonesia yang mulai beroperasi pada tahun 2021 lalu.

Berita terkait  OJK dan MES Perluas Jangkauan Literasi Pasar Modal Syariah Hingga ke Turki

Dirinya mengatakan, sektor keuangan syariah punya punya tanggungjawab yang besar karena jadi tumpuan bagi ekosistem industri halal di Indonesia. Sektor keuangan terutama perbankan syariah yang meliputi BPRS, UUS, dan BUS memiliki peran masing-masing untuk menjangkau seluruh sektor usaha yang membutuhkan akses permodalan.

Menutup materinya, Alfi mengajak seluruh pihak untuk konsisten bersinergi dan berkolaborasi dalam melakukan edukasi & inklusi ekonomi dan keuangan syariah sehingga gaya hidup halal menjadi pilihan dan kebanggaan dengan penuh kesadaran oleh masyarakat Indonesia.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *