Wapres Dorong Pengembangan Ekosistem Kesehatan Syariah di Indonesia

Wapres Dorong Pengembangan Ekosistem Kesehatan Syariah di Indonesia

Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat MES menyatakan dukungannya atas pengembangan ekosistem kesehatan syariah di Indonesia. Dukungan tersebut diungkapkan Wapres dalam sambutannya pada pembukaan pameran kesehatan syariah “The 5th International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX)” pada Jumat, 25 Agustus 2023 di Indonesia Convention Exhibition ICE BSD, Tangerang, Banten.

Menurutnya, pelayanan kesehatan yang sesuai kaidah Islam makin dibutuhkan masyarakat. Untuk itu, pemerintah terus mendorong pengembangan industri kesehatan syariah di Indonesia. Wapres mengingatkan dalam membangun pelayanan kesehatan yang berbasis syariah, seluruh pemangku kepentingan juga harus fokus untuk mengembangkan ekosistemnya yang meliputi sektor farmasi, alat kesehatan, pusat kesehatan masyarakat, bahkan makanan dan minuman halal.

Berita terkait  MES Ajak Santri Riyadlul Ulum Wadda'wah Optimalkan Fungsi BLK Komunitas

Wapres juga menekankan, industri kesehatan syariah harus dilengkapi dengan layanan pendukung yang juga mengedepankan nilai-nilai syariah, misalnya sumber daya manusia dengan kompetensi syariah, pembiayaan keuangan syariah, dan jasa-jasa pendukung lainnya yang berstandar halal.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres mengapresiasi peran Mukisi yang telah mendorong ditetapkannya 31 rumah sakit berstatus syariah dan sebanyak 72 rumah sakit Islam yang berkomitmen untuk mengimplementasikan standar syariah. Hal tersebut diharapakan dapat diikuti oleh rumah sakit Islam lainnya.

Wapres juga berharap capaian tersebut hendaknya terus diakselerasi agar dapat menjangkau seluruh anggota Mukisi yang hingga saat beranggotakan 500 rumah sakit Islam di seluruh Indonesia.

Selain itu, Wapres juga meminta Mukisi bersama pemangku kepentingan lainnya untuk terus konsisten dan berkelanjutan memberikan edukasi dan literasi mengenai layanan kesehatan syariah bagi masyarakat.

Berita terkait  Nilai Kapitalisasi Pasar Modal Indonesia 2022 Mencapai Rp9.500 Triliun

IHEX merupakan pameran kesehatan syariah yang diselenggarakan oleh Mukisi dan berkolaborasi dengan sejumlah mitra, salah satunya Masyarakat Ekonomi Syariah serta didukung oleh Indonesia Islamic Medical Association dan Federation Islamic Medical Association. Rangkaian agenda 5th IHEX 2023 diantaranya pameran pelayanan kesehatan, Seminar Internasional, 12 Workshop, Pameran Islamic Healthcare & Produk Halal, Mukisi Innovation, dan Mukisi Award 2023. Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan peluncuran Klinik dan Laboratorium Syariah pertama di Indonesia.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *