MES DIY Percepat Proses Sertifikasi Halal UMKM Lokal

MES DIY Percepat Proses Sertifikasi Halal UMKM Lokal

Pengurus Wilayah MES DI Yogyakarta didukung para pemangku terkait lainnya menyelenggarakan sosialisasi sertifikasi halal pada Selasa, 15 Agustus 2023 bertempat di Bima Kompleks Balai kota Yogyakarta. Program sosialisasi ini diikuti oleh puluhan pelaku UMKM dari kalangan perempuan yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya.

Ketua Departemen UMKM dan Pemberdayaan Desa MES DIY, Jumadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan, data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menyebutkan UMKM di DIY telah bertambah dua kali lipat dari yang sebelumnya terdapat 235.899 UMKM pada 2022 menjadi 464.033 UMKM pada pertengahan 2023. Catatan tersebut menunjukan bahwa aktivitas usaha sektor rill mulai bergerak ke arah yang positif.
Berita terkait  MES NTB Salurkan Bantuan kepada Korban Banjir di Lombok Barat

Terlepas dari hal itu, Jumadi mengatakan bahwa pertumbuhan UMKM di DIY perlu diimbangi dengan percepatan proses sertifikasi produk halal. Hal ini mengingat UU Jaminan Produk Halal yang menyebutkan sertifikasi produk halal tahap 1 akan berakhir di 17 Oktober 2024. Sebelum tanggal tersebut, seluruh produk dan jasa yang beredar, terutama makanan dan minuman harus sudah bersertifikat halal.

Mengingat masih banyaknya UMKM di DIY yang belum tersertifikasi halal, MES DIY akan terus berupaya mendorong agar pelaku UMKM dapat segera memperoleh sertifikat halal melalui berbagai skema program pemberdayaan. Jumadi juga mengungkapkan MES DIY akan menjadi fasilitator yang membantu dan menghubungkan pelaku UMKM dengan para pemangku kepentingan terkait khususnya BPJPH agar para pelaku UMKM dapat segera memperoleh sertifikat halal.  

Berita terkait  Erick Thohir Lantik Pengurus Wilayah MES Sumatera Utara

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *