Perkuat Daya Saing, Pelaku UMKM Solo Ikuti Program Peningkatan Kapasitas Usaha Halal LP3H MES

Perkuat Daya Saing, Pelaku UMKM Solo Ikuti Program Peningkatan Kapasitas Usaha Halal LP3H MES

Lembaga Pendamping Proses Produk Halal MES berkolaborasi dengan PT Pegadaian, didukung oleh Bank Indonesia Solo dan Pemkot Solo kembali menyelenggarakan program Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Kapasitas Usaha Halal pada Selasa, 15 Agustus 2023 di Hotel Horison Aziza Solo, Surakarta. Mengusung tema “UMKM Kuliner Halal Kauman yang Berdaya Saing” Program Pelatihan dan Pendampingan kali ini diperuntukan bagi pelaku UMKM Kuliner Halal di Kampung Kauman Solo.

Ketua I Pengurus Wilayah MES Jawa Tengah, Wahab Zaenuri yang membuka acara tersebut memaparkan bahwa ekosistem usaha halal di Solo telah terbentuk sehingga perlu diperkuat dengan berbagai agenda pelatihan dan pendampingan yang difokuskan terhadap pelaku UMKM lokal. Dirinya kemudian menjabarkan mengenai etika dalam berbisnis secara Islami yang mengendepakan prinsip kejujuran dan keadilan sekaligus menjauhkan praktiknya dari unsur riba, maysir, dan gharar.

Berita terkait  OJK dan MES Resmi Luncurkan Video Edukasi dan Sejarah Pasar Modal Syariah

Puluhan pelaku UMKM yang hadir dalam program tersebut diberikan pemahaman mengenai aksesibilitas lembaga keuangan mikro seperti pegadaian syariah, etika dalam berbisnis berdasarkan prinsip syariah, strategi pemasaran secara digital, keahlian dalam mengelola keuangan usaha, serta kriteria sistem jaminan produk halal.

Sebagai informasi, Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Kapasitas Usaha Halal merupakan program yang diinisiasi oleh LP3H MES dengan berkolaborasi bersama para pemangku kepentingan terkait dalam rangka mengakselerasi proses sertifikasi halal di Indonesia. Sebelumnya, program yang sama telah sukses terselenggara di beberapa daerah di antaranya di Tasikmalaya, Sumedang, serta Bogor. 

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *