LP3H MES Dorong Kemandirian UMKM Halal di Bogor

LP3H MES Dorong Kemandirian UMKM Halal di Bogor

Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) MES bekerja sama dengan PT Bio Farma, PT ID Food, PT Permodalan Nasional Madani (PNM), dan PT Asuransi ASEI Indonesia, didukung MES Bogor menyelenggarakan program Pelatihan dan Pendampingan UMKM Halal pada Senin, 14 Agustus 2023 bertempat di Gedung Kopri, Bogor. Mengusung tema “Wujudkan UMKM Mandiri, Berkualitas dan Berdaya Saing”, program ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta pelaku UMKM yang ada di Bogor dan sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Bogor, Didi Kurnia mengatakan bahwa produk halal lokal dari Indonesia makin diminati dan diakui oleh dunia. Hal tersebut merupakan potensi ekspor yang harus dioptimalkan, salah satunya melalui penguatan kapasitas dan kualitas pelaku UMKM.

Berita terkait  Menyambut Kemuliaan Bulan Ramadhan, MES Sulsel Salurkan Bantuan Sembako

Didi melanjutkan, hingga saat ini, Pemkab Bogor terus mendorong percepatan implementasi sertifikasi halal dengan menargetkan 1000 pelaku UMKM lokal dapat menerima program sertifikasi halal self declare. Pihaknya kemudian mengapresiasi upaya LP3H MES bersama mitra terkait yang telah mengakselerasi proses sertifikasi halal di kalangan pelaku UMKM lokal, salah satunya di Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Bendahara I Pengurus Wilayah MES Jawa Barat, Iman Aryadi menjelaskan bahwa hal penting yang perlu diperhatikan oleh para pelaku UMKM selain kehalalan adalah terkait dengan standarisasi kebersihan dari setiap produk yang dihasilkan. Menurutnya, hal tersebut jadi kompenen penting untuk menunjang para pelaku UMKM dalam mengajukan sertifikat halal.

Adapun Ketua Umum MES Bogor, Efrita Norman mengungkapkan bahwa MES Bogor memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan UMKM halal. Hal tersebut mengingat UMKM memegang peran penting dalam mendukung stabilitas perekonomian nasional. Efrita kemudian berterima kasih kepada seluruh mitra yang telah berpartisipasi menyukseskan program Pelatihan dan Pendampingan UMKM Halal kali ini.

Berita terkait  Buka Pelaksanaan Munas VI, Ini Pesan Wapres Bagi MES dalam Pengembangan Ekonomi Syariah

Sebagai informasi, program Pelatihan dan Pendampingan UMKM Halal merupakan program dari LP3H MES yang diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia. Program ini fokus pada upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas pelaku UMKM halal dengan mengakselerasi implementasi sertifikasi halal bagi produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM Halal di daerah.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *