Berdayakan Ekonomi Masjid, MES Sumsel Hadirkan MartBooth

Berdayakan Ekonomi Masjid, MES Sumsel Hadirkan MartBooth

Bank Sumsel Babel bersama Pengurus Wilayah MES Sumatera Selatan dan Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS) Sumsel bekerja sama mengembangkan gerai UMKM bernama “Martbooth”. Martbooth merupakan container box mini yang diperuntukan bagi pengurus masjid atau marbot untuk menjual kebutuhan pokok bagi masyarakat di sekitar lingkungan masjid.

Sebanyak 10 MartBooth diserahkan kepada para pengurus Masjid Agung Palembang yang disaksikan langsung oleh Gubernur Sumsel, H. Herman Deru pada Jumat, 11 Agustus 2023.
Herman Deru dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan antara Bank Sumsel Babel, MES Sumsel, dan KDEKS Sumsel dalam mendorong pemberdayaan ekonomi masjid melalui MartBooth. Menurutnya, MartBooth dapat berdampak nyata terhadap penguatan ekonomi masyarakat apabila dikembangkan dengan perencanaan sistematis dan berkelanjutan. Herman berharap MartBooth dapat menjadi proyek percontohan yang dapat ditiru oleh berbagai pihak untuk memberdayakan masyarakat.

Berita terkait  Ketua Dewan Pembina PP MES, K.H. Ma’ruf Amin Resmikan Lembaga Shafiec UNU Yogyakarta

Di sisi lain, Direktur Utama Bank Sumsel Babel yang juga merupakan Ketua Umum MES Sumsel, Ahmad Syamsuddin mengatakan bahwa hingga saat ini, sudah ada 47 MartBooth yang berdiri dari target 100 Martboot yang direncanakan akan disalurkan pada tahun 2023 ini.
Syamsuddin menegaskan, MartBooth menjadi bagian dari usaha untuk mendorong kemandirian masjid. Menurutnya masjid harus mengurangi penggunaan dana filantropi masjid dan mulai beralih pada penggunaan dana-dana komersial dari hasil usaha yang dimiliki oleh masjid.

Sementara itu, Ketua Yayasan Masjid Agung Palembang, H. Abdul Rozak mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Bank Sumsel Babel, MES Sumsel, dan KDEKS Sumsel yang telah menyerahkan MartBooth untuk dikelola oleh para pedagang sekitar Masjid. Dirinya berharap, kehadiran MartBooth dapat menstimulasi berbagai potensi ekonomi yang dapat dioptimalkan oleh masjid.

Berita terkait  Kuatkan Persaudaraan Antarpengurus, MES DIY Selenggarakan MES Gowes Jogja Lebih Bike

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi Maramis

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *