MES Dorong Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Berbasis Pertashop

MES Dorong Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Berbasis Pertashop

Masyarakat Ekonomi Syariah bekerja sama dengan Pertamina dan Bank Syariah Indonesia melakukan sosialisasi program Pertashop kepada 40 pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) pada Sabtu, 29 Juli 2023 di Ponpes Mansajul Ulum, Pati. Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka mengoptimalisasi program Pertashop sebagai penggerak perekonomian di Ponpes.

Dalam keterangan terpisah, Ketua Tim Pokja Klaster Pesantren, Jaenal Arifin mengatakan bahwa sosialisasi program Pertashop di Pati berjalan dengan lancar dan disambut antusias oleh para pengasuh pesantren yang hadir atas undangan dari Pengurus RMI (Rabithah Ma’ahid Islamiyah) Pati. Dirinya menambahkan, selanjutnya pihaknya akan menindaklanjuti beberapa pesantren potensial untuk dijajaki kerja sama lebih lanjut mengenai pengembangan bisnis Pertashop.

Berita terkait  Dewan Pakar MES Dorong Pemanfaatan Bahan Baku Ramah Lingkungan dalam Pengembangan Modest Fashion dalam Negeri

Sementara itu, perwakilan Pertamina Pati, Adrean Domingo, dalam kesempatan tersebut menjelaskan mengenai pengembangan ekosistem bisnis Pertashop di Ponpes, mulai dari alur kerja sama pendirian Pertashop, hingga pola pemberdayaan yang dilakukan ketika Pertashop telah berdiri. Dirinya berharap, melalui sosialisasi ini, para pengasuh Ponpes memperoleh gambaran mengenai Pertashop. Sehingga ke depannya, para pengasuh Ponpes dapat menjadi eksekutor utama dalam mengembangkan Partashop yangmemberikan kebermanfaatan bagi Ponpes berserta ekosistem sekitarnya.

Sebagai informasi, data dari Kementerian Agama pada tahun 2022 menyebutkan, Ponpes di Indonesia mencapai lebih dari 37 ribu dengan jumlah santri sebanyak lebih dari 4,7 juta orang. Mengacu pada data tersebut, potensi dari Pertashop dapat dioptimalkan sebagai salah satu strategi untuk mendorong kemandirian ekonomi Ponpesyang berdampak terhadap kesejahteraan santri dan masyarakat sekitar.

Berita terkait  BSI dan MES Kalsel Jalin Kerja Sama Berdayakan UMKM

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *