Topidiksi MES Ajak Masyarakat Cerdas Kelola Bonus & THR

Topidiksi MES Ajak Masyarakat Cerdas Kelola Bonus & THR

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) kembali menyelenggarakan program Topidiksi (Tongkrong, Ngopi, dan Diskusi) pada Sabtu, 15 April 2023 bertempat di Beranda Kitchen, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Bekerja sama dengan Maybank Syariah dan Maybank Sekuritas, Topidiksi kali ini mengusung topik bahasan “Kiat Cerdas kelola Bonus & THR” dengan dihadiri oleh puluhan peserta yang berasal dari masyarakat umum.

Hadir menjadi narasumber dalam kesempatan tersebut yaitu, Islamic Financial Planner, Greget Kalla Buana, Pengurus Pusat MES dan DSN MUI, Mahbub Ma’afi Ramdlan, serta Investment Educator Maybank Sekuritas, Yulinar Khoirunnisa.

Greget dalam penyampaiannya menjelaskan bahwa dalam pengelolaan keuangan syariah terdapat beberapa pendekatan yang perlu diperhatikan di antaranya, penekanan terhadap pendekatan kedermawanan melalui aspek sosial seperti zakat, kemudian pengeluaran wealth protection (asuransi syariah), dan menyiapkan investasi untuk masa depan.

Berita terkait  Didukung Gubernur NTB, PD MES Lombok Timur Resmi Terbentuk

Greget menegaskan bahwa financial freedom tidak hanya sekedar mencari keuntungan materi semata, melainkan juga harus seimbang antara dunia dan akhirat salah satunya dengan menyalurkan zakat dan sedekah.

Sementara itu Mahbub Ma’afi, menjelaskan bahwa pasar modal syariah di Indonesia sudah ditetapkan ketentuan-ketentuan yang sesuai dengan prinsip syariah, contohnya adanya saham syariah, reksadana syariah dan instrumen lainnya yang sesuai dengan prinsip syariah. Dalam hal ini adanya pengawasan langsung dari dewan pengawas syariah terkait produk-produk yang dikeluarkan.

Adapun Yulinar Khoirunnisa memaparkan perihal Maybank sekuritas yang menjual berbagai produk syariah dengan memanfaatkan syariah online trading system (SOTS) yang menjadi platform khusus untuk menawarkan saham syariah.

Berita terkait  Mitigasi Dampak Buruk Pinjol Ilegal, MES Banyumas Lakukan Langkah Preventif

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *