Sinergi MES-ICMI, Hadirkan Program Khazanah Fest untuk Gerakkan Ekonomi Umat

Sinergi MES-ICMI, Hadirkan Program Khazanah Fest untuk Gerakkan Ekonomi Umat

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) bekerja sama menyelenggarakan program Khazanah Fest pada Selasa, 11 April 2023 di Masjid At Thohir, Depok. Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan nota kesepahaman mengenai sinergi pengembangan ekonomi umat oleh Ketua Umum Pengurus Pusat MES, Erick Thohir dan Ketua Umum ICMI, Arif Satria.

Erick Thohir mengatakan sinergi MES dan ICMI ini menjadi langkah strategis untuk mendorong dan memajukan ekonomi umat, yang diwujudkan dalam program Khazanah Fest yang rencananya diselenggarakan di berbagai daerah di Tanah Air.

“Program ini tentunya diharapkan mendukung langkah bersama kita untuk mendukung upaya pemerintah menjaga momentum penguatan pertumbuhan ekonomi nasional dan mendorong penguatan ekonomi kerakyatan. Kolaborasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan pengusaha anggota MES dan ICMI ini harapannya mendapat dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat luas,” ujar Erick.

Berita terkait  Pengurus Pusat MES Apresiasi Penyusunan Nadzam Ekonomi Syariah

Di kesempatan ini, Erick juga menuturkan dengan festival ramadhan, bisa menjadi upaya memperlihatkan bahwa masjid itu sejuk kalau dirawat dan tidak hanya sebagai tempat ibadah tapi tempat silaturahmi serta mendorong kerja sama dalam pengembangan ekosistem ekonomi syariah.

Dia menyampaikan peningkatan inovasi dan sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci utama keberhasilan dunia usaha saat ini. Erick menyampaikan inovasi akan melahirkan terobosan yang memang benar-benar menjadi kebutuhan umat.

“Ini yang kadang-kadang kita sebagai umat tertinggal, padahal sejarah mencatat bagaimana Islam selalu terdepan dalam dunia matematika hingga ilmu. Ini yang harus kita perbaiki dan insyaAllah menghasilkan sesuatu yang baik untuk seluruh umat,” ujar pria berdarah Lampung-Majalengka tersebut.

Erick mengatakan pengembangan ekonomi syariah sudah berada pada jalur yang tepat. Indonesia kini telah memiliki Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai bank syariah terbesar ke-6 di Indonesia. Erick optimistis BSI akan menduduki lima besar bank di Indonesia pada masa mendatang.

Berita terkait  Buka Link Kolaborasi, MES Katalisator Ekonomi dan Keuangan Syariah

Erick menyampaikan kelahiran BSI merupakan tonggak pencapaian bersejarah bagi negeri dengan umat Islam terbesar di dunia. Erick mengatakan BSI merupakan garda terdepan dalam ekosistem ekonomi syariah agar Indonesia dapat menjadi produsen industri halal, bukan sekadar menjadi market bagi negara lain.

“Ini yang harus kita perbaiki, Indonesia sebagai produsen industri halal, bukan justru negara-negara seperti Cina, Argentina, Thailand, Taiwan yang memproduksi industri halal, contoh produk-produk haji banyak sekali dari mereka. Ini kenapa saya dengan Menteri Agama sepakat memperbaiki sistem industri ekonomi syariah dengan dorong suplai haji, semua makanan dari kita,” tambah dia.

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *