<strong>MES Kalbar Berikan Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Halal Pelaku UMK</strong>

MES Kalbar Berikan Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Halal Pelaku UMK

Pengurus Wilayah MES Kalimantan Barat (Kalbar) menyelenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Halal dengan skema Self Declare untuk pelaku UMK pada Minggu, 2 April 2023 di Aula SMPIT Nurul Wahdah, Pontianak. Diikuti oleh 30 lebih pelaku UMK dari Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, kegiatan ini menjadi pembuka dari rangkaian kegiatan program pendampingan sertifikasi halal yang akan dilakukan oleh MES Kalbar di seluruh kota dan kabupaten se-Kalbar.

Hadir membuka acara tersebut Ketua Umum MES Kalbar, Muhammad Fahmi. Dalam sambutannya Fahmi mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk komitmen MES Kalbar dalam mendukung peningkatan kapasitas UMK di Kalbar, salah satunya dengan memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM mendapatkan akses sertifikasi halal gratis.

Berita terkait  BaMES dan AMSI Selenggarakan Pendidikan Sertifikasi Mediator Syariah

Kegiatan ini, lanjut Fahmi juga merupakan bagian dari upaya untuk mendorong visi Kalbar sebagai Halal Food Basket for Asia. Visi ini untuk mendorong daya saing produk UMK di Kalbar agar dapat menjadi produk yang diminati pasar internasional.

Fahmi menambahkan bahwa target MES Kalbar adalah menjadikan Kalbar sebagai pemasok makanan halal di Asia. Hal ini didukung dengan potensi sumber daya alam dan fasilitas ekspor yang dimiliki mulai dari jalur darat yaitu Pos Lintas Batas Indonesia-Malaysia, jalur laut melalui Bandara Internasional Supadio, hingga jalur laut menggunakan Pelabuhan Internasional Kijing.

Hadir menjadi narasumber dalam kegiatan ini yaitu Sekretaris Umum MES Kalbar, Awaludin Razab yang juga merupakan Pimpinan Baznas Kota Pontianak dan Departemen Sektor Riil, Pariwisata, Industri Kreatif, UMKM, dan Produk Halal MES Kalbar yang juga sebagai Kepala SMPIT Nurul Wahdah, Shah Khumainy.

Berita terkait  Kabar Baik, RUU Ekonomi Syariah Masuk Prolegnas Prioritas 2022

Penulis: Muhamad Iqbal Haqiqi

Editor: Herry Aslam Wahid

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *